15 Khalifah di Zaman Bani Umayyah

15 KHALIFAH DI ZAMAN BANI UMAYYAH

1. Muawiyah mendirikan daulah Umawiyah setelah wafatnya Ali bin Abi Thalib dan mengundurkan dirinya sayidina Hasan dari kekhalifahan.

2. Yazid bin Muawiyah melanjutkan tampuk kepemimpinan menggantikan ayahnya.

3. Muawiyah bin Yazid menggantikan ayahnya. Sosoknya tidak minat dengan kekuasaan dan sibuk dengan ibadah.  Hingga ia meninggal dunia di usia muda sekitar 23 tahun. 

4. Marwan bin Hakam menggantikan Muawiyah bin Yazid, sekaligus mengakhiri dinasti dari anak keturunan Abu Sufyan. Ia berperang dengan kekhalifahan Abdullah bin Zubeir. 

5. Abdul malik bin Marwan, menggantikan ayahnya Marwan bin Hakam. Di masanya ia mengalahkan kekuatan Abdullah bin Zubeir dan menjalankan pemerintahan tangan besi lewat panglimanya Hajjaj bin Yusuf.

$ads={1}

6. Al Walid Abdul Malik, perluasan dan pembangunan islam mencapai puncaknya di masanya. Al Walid meneruskan cara memimpin ayahnya, Abdul Malik bin Marwan 

7. Sulaiman bin Abdul Malik, menggantikan kakaknya. Sikap politiknya berbalik 180 derajat dengan ayah dan saudaranya Walid. Di masanya ia membebaskan para tahanan politik negara, khususnya yang dipenjara oleh Hajjaj bin Yusuf.

8. Umar bin Abdul Aziz naik menjadi khalifah ditunjuk oleh Sulaiman bin Abdul Malik atas saran para ulama, dan juga karena Sulaiman juga melihat keshalihan serta kecakapan Umar. 

Di Masa beliau inilah pemerintahan Islam mencapai puncak keemasan yang belum ada bandingannya hingga hari ini.

9. Yazid bin Abdul Malik, atau dikenal dengan yazid II ia menggantikan sayidina Umar bin Abdul Aziz, sepupunya. Pada mulanya, Yazid meneruskan gaya politik apa yang sudah di lakukan oleh khalifah sebelumnya, Umar bin Abdul Aziz, namun dengan berjalannya waktu, ia berubah dan cenderung kembali menerapkan apa yang dilakukan Abdul Malik dan  al Walid, yakni dengan pendekatan militer.

10. Hisyam bin Abdul Malik memegang tampuk kekhalifahan menggantikan saudaranya Yazid II. Ia adalah sosok yang mencintai dunia seni dan berjasa dalam mengembangkan sistem pendidikan di masa itu.

11. Walid bin Yazid, naik tahta menggantikan pamannya. Berarti Yazid II ini berkuasa setelah ayahnya, lalu pamannya, setelahnya ia yang melanjutkan. Suksesi dirinya ditentang oleh banyak pihak karena tidak suka dengan kepribadiannya yang tidak baik.

 Ia merespon pihak yang kontra dengan dirinya lewat kekuatan militer, hingga ia terbunuh dalam sebuah peperangan.

12. Yazid bin Walid bin Abdul Malik (Yazid III), hanya memerintah selama kurang lebih 6 bulan lalu meninggal.

13. Ibrahim bin Walid naik tahta menggantikan saudaranya. Khalifah yang satu ini pun sama dengan Yazid III, ia banyak bersembunyi dari lawan politiknya.

14. Marwan bin Muhammad naik tahta menggantikan Ibrahim  bin Walid yang mengundurkan diri dan memilih uzlah. Dan kematiannya ditangan pemberontak sekaligus menutup masa kekuasaan dinasti Umawiyah, berganti dengan periode masa dinasti Abasiyah.

15. Hampir semua keluarga dinasti ini terbunuh, kecuali Abdurrahman bin Muawiyah bin Hisyam, yang berhasil kabur ke Andalusia. Lalu membangun daulah di sana.

Wallahu a'lam

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq 

Demikian Artikel " 15 Khalifah di Zaman Bani Umayyah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close