Mencegah Cermin Memantulkan Bayangannya

MENCEGAH CERMIN MEMANTULKAN BAYANGANNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beberapa hari lalu, (Ahad, 3 Juli 2022) ketika sowan ke Pondok Pesantren Maulana Maghribi, Karanganyar, pesantren yang diasuh Syaikh Dr Mahir Hasan Al Munajjid, aku kembali mendapat kesempatan untuk ngangsu kaweruh, kepada beliau lagi.

Selepas ijtima' shobahi (apel pagi) dan para santri memasuki kelas, aku dipersilahkan beliau untuk sowan di ruang tamu kantor beliau. Kami duduk dan ditemani mentari terbit, hawa sejuk perkampungan asri dan kicau burung -yang aku tak tau persis jenisnya.

Pagi itu beliau bercerita:

Dulu ada seorang murid yang meminta izin kepada Imam Badruddin Al Hasani (1354 H) beliau adalah gurunya para ulama di Tanah Syam, semua ulama ahlu sunnah di Syam pasti pernah mengambil percikan cahaya keilmuan beliau, atau paling tidak mereka adalah murid dari murid-murid Imam Badruddin Al Hasani.

Murid tersebut meminta izin kepada beliau untuk mengaji dan belajar ilmu alat kepada salah satu ulama dari kalangan ahli bid'ah, Imam Badruddin menggerakkan tangan beliau yang mengisyaratkan "Jangan" (Beliau memang terkenal jarang sekali bicara, beliau hanya bicara jika itu benar-benar diperlukan, jika tidak, beliau hanya meberi isyarat atau gerakan) 

$ads={1}

Sang murid masih belum puas dengan isyarat tersebut, dia kembali meminta izin, Imam Badruddin kembali mengangkat tangan beliau. 

Murid tersebut masih ngeyel, dan meminta penjelasan, kenapa tidak boleh, toh saya hanya belajar ilmu alat, mantiq dan nahwu shorof, bukan ilmu fikih ataupun akidah, apa madlorotnya sampai aku tidak boleh belajar ilmu alat dari golongan ahli bid'ah?

Imam Badruddin kemudian mengangkat sepotong cermin, dan menghadapkannya kepada si murid dan bertanya dengan sepotong kalimat "Bisakah kau mencegah, cermin ini memantulkan bayanganmu?"

Murid itu menggeleng, dia terdiam dan mulai paham. 

Bahwa belajar dari ahli bid'ah bisa menjadikan kita tertular dari akhlak-akhlak buruk imbas dari kebid'ahan mereka, meskipun kita hanya belajar ilmu alat, itu akan bisa memengaruhi kita, mau tidak mau, kita akan terpengaruhi, seperti halnya kita tidak bisa mencegah cermin memantulkan bayangan, kita juga tidak akan bisa mencegah pengaruh buruk yang mereka tularkan. Bukankah Ulama dari kalangan Ahlu Sunnah sudah lebih dari cukup, sungguh kita sama sekali tidak butuh buku karangan ataupun pengajar dari kalangan ahli bid'ah.

Wallahu A'lam. 

Ditulis di PP Ar Riyadloh Nurul Iman, Lontar, Surabaya. Jumat, 08 Juli 2022. 

Oleh: Faqih Ubaidillah Rozan

Demikian Artikel " Mencegah Cermin Memantulkan Bayangannya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close