7 Ulama Yang Khusyuk Dalam Shalatnya

7 ULAMA YANG KHUSYUK DALAM SHALATNYA

1. Pernah Abu Abdullah al Marwazi sedang mengerjakan shalat, lalu seekor kumbang penyengat yang sangat besar menyengat dahinya hingga darah mengalir ke wajahnya, namun ia tidak bergerak sama sekali. 

2. Manshur bin al Mustamir biasa mengerjakan shalat malam di atas atap rumahnya ketika orang-orang sudah banyak terlelap.

Namun ternyata ia memiliki tetangga yakni anak gadis dan ibunya yang setiap malam keduanya naik ke atap rumah untuk berbincang-bincang.

Jarak rumah tetangga itu tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh, namun karena kondisi gelap anak gadis itu hanya melihat benda yang berdiri tegak di atap rumah Manshur.

Karena penasaran dengan sesuatu yang ia lihat, gadis itu bertanya kepada ibunya : "Wahai ibu, apa fungsinya tiang yang aku saksikan berada di atas atap si fulan itu ?”

Sang ibu menjawab : "Wahai anakku, itu bukan tiang, itu adalah syaikh Manshur bin Mustamir yang biasa shalat semalaman suntuk hanya dengan satu rakaat.” 

3. Imam Bukhari mengerjakan shalat sunnah bada Dzuhur, setelah sekian waktu mengerjakan shalat, seseorang mendengar ada sesuatu yang mendengung di bawah jubahnya.

Ketika diperiksa ternyata di balik kainnya didapati seekor tawon dan terlihat bekas sengatan di kulit sang imam sebanyak 16 atau 17 sengatan yang menyebabkan bengkak di sekelilingnya.

Seorang dari sahabat Imam Bukhari pun berkata kepadanya, "Mengapa engkau tidak membatalkan saja shalatmu ketika awal disengat ?”

Imam Bukhari pun menjawab, ”Aku sedang membaca surat, dan aku menginginkan untuk menyempurnakannya.” 

$ads={1}

4. Al imam Rabi' bin Khutsaim apabila sedang sujud dalam shalatnya ia seperti pakaian yang sedang teronggok, hingga datanglah burung-burung dan hinggap di badannya." 

5. Urwah bin Zubeir terkena penyakit yang mengharuskan kakinya di amputasi. Dokter menyarankan agar ia meminum khamr yang berfungsi sebagai obat bius agar tidak merasakan sakit.

Urwah menolak. Ia meminta kakinya dipotong saat ia sedang mengerjakan shalat. Dan ketika ia sedang dalam posisi sujud, operasi dilakukan. Kakinya diamputasi dengan cara digergaji namun sedikitpun ia tidak bergerak dari sujudnya.

6. Saat Amir bin Abdillah mengerjakan shalat, seekor ular masuk ke tubuhnya lewat lengan bajunya. Ular itu berada di dalam tubuhnya untuk beberapa waktu, namun tidak sampai menyelakainya, lalu keluar lewat saku bajunya.

Orang-orang yang melihat kejadian itu bertanya kepadanya, "Mengapa engkau tidak mengibaskan atau mengusir ular itu darimu ?"

Ia hanya menjawab, "Aku malu kepada Allah, jika aku sampai takut kepada selain Dia".

Baca juga: Daftar 100 Tokoh Habib Yang Berpengaruh di Indonesia Saat ini

7. Rasulullah ï·º pernah memerintahkan Abd bin Bisyr untuk berjaga di sebuah lembah bersama dua shahabat lainnya.

Saat tiba giliran jaganya, ia mengerjakan shalat. Dan kala itu ada musuh yang mengendap- endap lalu menembakinya dengan beberapa anak panah.

Saat anak panah pertama mengenai tubuhnya, ia mencabut lalu membuangnya dan tetap melanjutkan shalat. Begitu juga dengan panah kedua dan ketiga.

Sampai setelah beberapa anak panah mengenainya. Ia pun mempercepat shalatnya dan segera membangunkan dua shahabat lainnya.

Tentu saja mereka terkejut melihat Bisyr telah berlumuran darah. Mereka mempertanyakan mengapa tidak membangunkan mereka lebih awal.

Ia hanya menjawab : “Aku sedang membaca surah al Kahfi dalam shalatku dan telah memendekkannya. Demi Allah, andai saja aku tidak mengkhawatirkan lembah ini untuk dijaga sebagaimana telah diperintahkan Rasulullah, aku tidak akan menyelesaikan shalatku sebelum membaca Surat al-Kahfi seluruhnya."

Lalu sekarang mari kita bandingkan dengan shalat kita hari ini...

📜Shifat Ash Shafwah (3/39-113), Siyar (12/442).

Oleh: Ahmad Syahrin Thoriq

Demikian Artikel " 7 Ulama Yang  Khusyuk Dalam Shalatnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close