Larangan Memanggil Sayyid (Tuan) kepada Orang Fasik dan Munafik

LARANGAN MEMANGGIL SAYYID (TUAN) KEPADA ORANG FASIK DAN MUNAFIK

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beberapa hari yang lalu perhelatan piala dunia 2022 usai berakhir. Argentina lolos sebagai pemenang setelah melakukan adu pinalti dengan timnas perancis. Jagat maya dihebohkan dengan ramainya orang memanggil sang kapten (messi) dengan sebutan Sayyiduna/Sidi Messi atau Tuan mesi. Lalu bagaimana islam memandangnya?

Ustadz Amru Hamdany membagikan tulisan mengenai Hukum Memanggil Sayyid (Tuan) kepada Orang Fasik dan Munafik melalui laman facebooknya. Berikut tulisannya:

$ads={1}

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang kita untuk menyebut orang fasiq dengan kata "sayyid", lebih-lebih jika sebutan itu disematkan kepada orang kafir.

Sebagian kaum muslimin ada yang berlebihan memberikan laqob ke Messi setelah memenangkan piala dunia yang kemudian dipakaikan jubah khas Arab dengan kalimat "sayyiduna/sidi Messi".

Nabi ﷺ bersabda, 

"لا تقولوا للمنافق سيدنا، فإنه إن يكُ سيدكم فقد أَسْخَطتم ربَّكم عز وجل"(رواه الترمذي) 

"Jangan kau panggil orang munafik dengan kata Sayyid, walaupun jika benar ia adalah tuan kalian, karena itu akan membuat tuhan kalian marah" 

Nabi melarang kaum muslimin untuk mengagungkan sesuatu yang tidak diagungkan oleh Allah dan rasul-Nya.

Sehingga hal-hal yang berbau mengagungkan misalnya mencium tangan seseorang, hukumnya tidak diperbolehkan jika dilakukan karena harta atau jabatan orang tersebut.

"Kita adalah kaum yang dimuliakan karena Islam", kata Sayyiduna Umar, "barangsiapa yang mencari kemuliaan selain pada Islam maka Allah akan hinakan".

Ya, walaupun menyebut sayyid ke orang-orang yang tidak pantas itu tidak sampai haram, sebagaimana keterangan Imam Nawawi di Al-Adzkar, tapi setidaknya kaum muslimin tau batasan.

Seorang muslim harus tau bahwa ia lebih mulia dengan Islamnya. Tidak ada yang bisa menandingi kemuliaan Islam walaupun dibandingkan dengan seluruh dunia beserta isinya.

Oleh: Ustadz Amru Hamdany

Demikian Artikel " Larangan Memanggil Sayyid (Tuan) kepada Orang Fasik dan Munafik "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close