Perbedaan Masjid, Mushola, Surau dan Langgar

PERBEDAAN MASJID, MUSHOLA, SURAU DAN LANGGAR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Masjid, mushola, surau, dan langgar adalah tempat-tempat ibadah umat Muslim. Meskipun memiliki beberapa kesamaan, masjid, mushola, surau, dan langgar memiliki perbedaan-perbedaan tertentu. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara masjid, mushola, surau, dan langgar:

1. Masjid

Masjid adalah tempat ibadah utama bagi umat Muslim. Masjid merupakan tempat shalat berjamaah, membaca Al-Qur'an, dan mengikuti kajian-kajian agama. Masjid biasanya terdapat di kota-kota besar atau desa-desa yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar.

Dalam al-Qur'an, masjid disebut sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim. Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 18:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (At-Taubah ayat 18)

Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa masjid adalah tempat yang paling utama bagi umat Muslim. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan ada 3 keutamaan shalat di Masjidil Haram, Nabawi dan Baitul Maqdis (Al-Aqsa):

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال: فَضْل الصَّلاَةِ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ عَلَى غَيْرِهِ بِمِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ، وَفِي مَسْجِدِي أَلْفُ صَلاَةٍ وَفِي مَسْجِدِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ خَمْسُمِائَةِ صَلاَةٍ

Artinya: “Dari Abu Darda, Nabi bersabda: shalat di Masjid Al-Haram lebih utama sebanayak 100 ribu kali dibandingkan shalat di masjid lainnya. Dan di masjidku (Masjid Nabawi), lebih utama 1.000 kali, sedangkan di Baitul Maqdis (Al-Aqsa), lebih utama 500 kali,”. 

$ads={1}

2. Mushola 

Mushola adalah tempat ibadah yang lebih kecil dibandingkan masjid. Mushola biasanya terdapat di perkantoran, rumah-rumah, atau tempat-tempat lain yang tidak memiliki masjid. Mushola biasanya hanya digunakan untuk shalat, tidak seperti masjid yang juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain seperti membaca Al-Qur'an dan kajian-kajian agama.

3. Surau

Surau adalah tempat ibadah yang terdapat di daerah-daerah di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Surau merupakan tempat shalat dan kajian-kajian agama yang biasanya terdapat di desa-desa kecil.

4. Langgar

Langgar adalah tempat ibadah yang terdapat di daerah-daerah di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Langgar merupakan tempat shalat yang biasanya terdapat di lingkungan rumah atau perkantoran. Langgar juga biasanya digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial lain seperti bakti sosial dan kegiatan keagamaan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan Masjid, Mushola, Surau dan Langgar. Sebenarnya tidak ada perbedaan secara signifikan antara 4 tempat ibadah diatas. Namun fungsi utamanya yaitu sama-sama untuk ibadah.

Demikian Artikel " Perbedaan Masjid, Mushola, Surau dan Langgar "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close