Sekilas Mengenal Sayyidina Abbas bin Abdul Muththalib

SEKILAS MENGENAL SAYYIDINA ABBAS BIN ABDUL MUTHTHALIB

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sayyidina 'Abbas bin 'Abdul Muthalib radhiyallahu'anhu meskipun beliau masuk Islam belakangan menjelang Fathu Makkah, namun beliau sangatlah dihormati oleh para Shahabat Muhajirin maupun Anshar radhiyallahu'anhum.

Ketika beliau menyatakan masuk Islam, Rasulullah sangat bahagia.

Beliau lahir sekitar 4 tahun sebelum Rasulullah dilahirkan.

Sehingga ketika masuk Islam, beliau sudah termasuk kalangan sepuh jika dibandingkan para Shahabat yang lain.

Setelah Rasulullah shallallahu'alaihi wa 'ala alihi wa sallam wafat, beliaulah yang menjadi pemimpin Bani Hasyim. Kepada beliau para Shahabat bertabaruk (ngalap berkah), meminta didoakan, dan menyambung silaturahim.

Dikisahkan bahwa Sayyidina 'Ali bin Abi Thalib pernah mencium tangan dan kaki Sayyidina 'Abbas bin 'Abdul Muthalib karena saking sayangnya dan saking hormatnya Sayyidina Ali kepada pamannya tersebut.

Sayyidina 'Abbas berusia sekitar 35 tahun lebih tua daripada Sayyidina 'Ali. maka Sayyidina 'Abbas itu itungannya sudah seperti ayahnya Sayyidina 'Ali.

$ads={1}

Di zaman Khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu'anhu, pernah terjadi kekeringan di Madinah. kaum muslimin mendatangi Khalifah Umar untuk meminta didoakan agar hujan segera turun.

Namun Khalifah Umar justru menyuruh kaum muslimin untuk mendatangi Sayyidina 'Abbas untuk mendoakan kaum muslimin agar segera diberikan hujan.

Karena Sayyidina 'Abbas adalah paman Nabi, juga sesepuh kaum muslimin Madinah. Dan sebaik-baik pemimpin doa bagi kaum muslimin adalah yang paling shalih dan sepuh di antara mereka.

Sayyidina 'Abbas wafat di zaman Khalifah 'Utsman bin 'Affan radhiyallahu'anhu. Dalam shalat jenazah utama bagi Sayyidina 'Abbas saat itu, dipimpin langsung oleh Khalifah 'Utsman bin 'Affan.

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R.Rozikin) – Dosen Universitas Brawijaya

Demikian Artikel " Sekilas Mengenal Sayyidina Abbas bin Abdul Muththalib "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close