Amalan Agar Dakwah Dapat Diterima Semua Orang Oleh Syekh Ali Ad Daqqor, Damaskus

AMALAN AGAR DAKWAH DAPAT DITERIMA SEMUA ORANG OLEH SYEKH ALI AD DAQQOR, DAMASKUS

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Mengajak orang kepada Allah membutuhkan persiapan ruhiyah dan kholwat (berduaan) bersama Allah supaya ucapan bisa keluar dari jiwa dan hati sehingga masuk ke dalam jiwa dan hati pula.

Saya teringat salah seorang syekh dari Damaskus yang dakwahnya diterima luas oleh orang-orang dari berbagai negara sekitar Suriah seperti Yordania, Libanon, Turki, Palestina dan lain-lain.

Beliau adalah Syekh Ali Ad Daqqor.

Sosok yang terkenal sangat tenang ini pernah menyampaikan pengajian setelah solat Subuh di sebuah masjid, yaitu Masjid As Sadat, yang tak mampu menampung seluruh jamaah sehingga masjid penuh dan sesak. Bahkan, ada sebagian jamaah yang menggelar tikar di jalan luar masjid  karena ingin mendengarkan nasehat-nasehat beliau.

$ads={1}

Waktu itu saya masih kecil. Saya datang sebelum Subuh dari lokasi yang cukup jauh supaya bisa mendengarkan ceramah beliau. Memang benar, ceramah beliau masuk ke dalam jiwa seolah-olah seperti sihir. Padahal kalimatnya sederhana dan biasa saja.

Sebagian orang yang tak kebagian tempat dan tak bisa mendengar ceramah beliau hanya dengan melihat wajah beliau dari jarak jauh air mata mereka bercucuran, menangis karena tersentuh. Ucapan beliau benar-benar mendorong hati untuk beramal setelah ceramah langsung. Meskipun saya sering berjumpa dengan penceramah, tapi jarang yang berefek seperti beliau.

Pernah suatu hari murid beliau curhat, “Kami juga menyampaikan pengajian kepada masyarakat dengan berbagai topik, tapi kami tidak mendapati sambutan yang luar biasa seperti ini. Padahal kami membahas Tafsir, Hadis, Fiqh, Tazkiyah dan lain-lain.”

Syekh menjawab, “Andaikan bukan karena dibutuhkan, saya takkan sampaikan rahasia ini. Sesungguhnya ceramah yang kalian dengarkan ini didorong oleh Tilawatul Quran sepuluh juz sebelum subuh dengan niat agar Allah memberikan manfaat dari ceramah yang saya sampaikan.”

Sumber: kitab Al Anis fil Wahdah karya Syekh Muhammad Adib Kalkal, 3/176.

Oleh: Danang Kuncoro Wicaksono

Demikian Artikel " Amalan Agar Dakwah (Ceramah) Dapat Diterima Semua Orang Oleh Syekh Ali Ad Daqqor, Damaskus "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close