Cara Menjawab Shalawat Yang Benar Ketika Ada Yang Menyerukan

CARA MENJAWAB SHALAWAT YANG BENAR KETIKA ADA YANG MENYERUKAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di dalam majelis ilmu ataupun disaat ulama menyampaikan tausiyahnya terkadang penceramah suka menyisipkan kalimat untuk mengajak jama'ahnya bershalawat seperti "Shollu 'alaa Nabi Muhammad/ Shollu 'alaa Muhammad".

Apa Hukum Menjawab Shalawat Dalam Islam?

Hukum menjawab sholawat yang diserukan orang lain adalah sunnah, sebagian ulama mengatakan wajib. Hal ini yang banyak tidak diketahui/dipahami terutama bagi orang awam yang ketika mendengar seruan untuk bersholawat mereka diam dan tidak menjawab karena ketidaktahuannya.

Namun banyak diantara mereka menjawab dengan menyebutkan kalimat "Shollu 'alaih". Apakah jawaban tersebut sudah benar?

Ternyata jawaban seperti itu kurang tepat. Kalimat "shollu 'alannabi Muhammad" merupakan sebuah perintah untuk kita membaca sholawat atas Nabi Muhammad dengan kata shollunya yang merupakan fi'il amar yang ditujukan untuk جمع مذكر (akan tetapi konteks ini adalah untuk umum baik جمع مذكر maupun جمع موءنث).

$ads={1}

Dengan kita menjawab menggunakan kalimat "shollu 'alaih" (صلوا عليه) maka itu berarti kita kembali memerintah orang lain untuk membaca sholawat. Bukan kita membaca sholawat malah sebaliknya ikut memerintah orang lain untuk bersholawat. Padahal tadinya kita diseru atau diperintah membaca sholawat atas Nabi Muhammad tapi kita malah menjawab dengan kalimat yang sama dengan yang menyerukan untuk bershalawat.

Maka disini terjadi salah kaprah jika menjawab menggunakan kalimat "shollu alaih".

Akan tetapi jawablah dengan menggunakan kalimatAllahumma sholli 'alaih" (اللهم صل عليه) atau Yaa Robbi Sholli 'Alaih" (يا رب صل عليه) atau Shollallaahu 'alaih" (صلّی اللہ علیہ) yang mana ini merupakan kalimat sholawat yang kita mohonkan dari Allah SWT untuk kita tujukan kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW. Begitupun jawaban allahumma sholli ala sayyidina muhammad yaitu dijawab dengan cara di atas.

Demikian Artikel " Cara Menjawab Shalawat Yang Benar Ketika Ada Yang Menyerukan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close