Catatan Dialog Kyai Nur Hidayat Antara ARG Vs Ustaz Salman Ali

CATATAN DIALOG KYAI NUR HIDAYAT ANTARA ARG VS USTAZ SALMAN ALI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Terjadi Dialog antara Ustadz Salman Ali dengan Ustadz Tengku Ahmad Fadzil & kyai Hidayat Nur (ARG) dengan tema Wahabiyah aliran Sesat atau Ahlussunnah wal Jama'ah di Kompleks Pentadbiran Setiausaha Kerajaan Negeri Perlis, Persiaran Wawasan, 01000 Kangar, Perlis, Sabtu (11/02/23).

Dialog yang ditayangkan Channel Youtube PROmediaTAJDID pada Sabtu kemarin telah ditonton lebih dari 76,000 kali hingga hari ini (12/02/23).

Lebih dari 6 jam sesi dialog terjadi. Kedua pemateri saling memberikan pertanyaan, sanggahan dan jawaban berdasarkan referensinya masing-masing.

Seusai Dialog, Kyai Hidayat Nur melalui laman facebooknya menyampaikan beberapa catatan terkait dialog antara ARG dengan Ustadz Salman Ali. Ada 5 catatan yang yang perlu digarisbawahi bahwa Ustadz Salman Ali memiliki perbedaan perspektif antara dirinya dengan ulama wahabiyyah lainnya. Walaupun ada banyak ketidaksepakatan namun menurutnya hal ini perlu disampaikan agar catatan ini menjadi bukti bahwa Ustadz Salman Ali memiliki pandangannya sendiri terkait tema yang dibahas. berikut tulisan yang kami kutip melalui laman facebook Kyai Hidayat Nur:

$ads={1}

1. Ustaz Salman Ali mengatakan bahwa Ahlussunnah wal Jama'ah adalah Asy'ariyah, Maturidiyah, Atsariyah dan Wahabi. Sementara ARG kokoh mengatakan bahwa Wahabi bukan Ahlussunnah wal Jama'ah, dengan argumentasi yang telah disampaikan. 

2. Dari hasil dialog ini, Ustaz Salman memiliki pandangan yang berbeda dengan mayoritas Salafi Wahabi (baik ulama', ustadz dan awamnya) yang mengeluarkan Asy'ariyah dan Maturidiyah dari Ahlussunnah wal Jama'ah. 

3. Ustaz Salman banyak fokus pemikiran Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab (saja), sementara judul dialognya adalah Wahabiyah aliran Sesat atau Ahlussunnah wal Jama'ah. Mungkin karena itu data dari saya tentang ucapan-ucapan yang menunjukkan tasybih dari ulama' Wahabi (seperti Allah punya jari 5 atau Allah bergerak-gerak dll.) dan kontradiksi akidah diantara mereka tidak dibanyak dijawab. Sementara saya dan Ustadz Engku lebih banyak menyorot ucapan-ucapan ulama' Wahabi secara umum sesuai dengan judul dialog yang disepakati. 

4. Sudah muncul narasi dari FB penyokong Wahabi (atau pembela Wahabi) yang menyudutkan kami bahwa kami tidak mampu membawakan hujjah atau argumentasi untuk menyesatkan Wahabi. Saya tidak tahu darimana kesimpulan itu, sementara data-data yang saya bawakan (tentang akidah Wahabi yang bertentangan dengan akidah Ahlussunnah wal Jama'ah Asy'ariyah, Maturidiyah dan Atsariyah) tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Paling tidak menurut saya. 

5. Setelah dialog diatas saya tidak akan memberikan catatan atau narasi-narasi lain yang menyudutkan atau menjatuhkan siapapun, sebab semua sudah selesai di meja dialog. Untuk isi dialog silahkan dilihat dan nilai sendiri dengan hati yang bersih.

Oleh: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Catatan Dialog Kyai Nur Hidayat Antara ARG Vs Ustaz Salman Ali "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close