Hukum Mengangkat Tangan Saat Memulai Tawaf

HUKUM MENGANGKAT TANGAN SAAT MEMULAI TAWAF

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tidak disunahkan mengangkat tangan setinggi pundak saat saat memulai tawaf, yakni ketika mengucapkan,

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

Ini berbeda dengan salat. 

Dalam  salat, ketika orang memulai salat dan bertakbir, disunahkan mengangkat tangan setinggi pundak atau telinga karena Rasulullah ﷺ mencontohkannya.

Adapun dalam tawaf, tidak ada riwayat sahih yang menunjukkan Rasulullah ﷺ mengangkat tangan saat memulai tawaf. Oleh karena itu, gerakan tersebut tidak disunahkan. Wajar juga jika sebagian ulama mengatakan gerakan tersebut adalah bid’ah.

Baca juga: Asal-Usul Syariat Raml Saat Thawaf

Hanya saja memang ada ulama besar mazhab al-Syāfi‘ī yang mensunahkannya. Dasarnya adalah qiyās terhadap  salat. Yang berpendapat seperti ini adalah al-Syaikh Abū Ḥāmid al-Isfarāyīnī. Al-Ramlī berkata,

«وَاسْتَحَبَّ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ ‌رَفْعَ ‌الْيَدَيْنِ عِنْدَ التَّكْبِيرِ». «نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج» (3/ 285)

Artinya,

“Al-Syaikh Abū Ḥāmid mensunahkan mengangkat kedua tangan saat takbir –memulai tawaf- (Nihāyatu al-Muḥtāj, juz 3 hlm 285)

$ads={1}

Dengan demikian masalah ini termasuk perkara ikhtilaf.

Saya pribadi lebih nyaman mengikuti pendapat yang  tidak mensunahkannya. Hanya saja jika ada yang mengangkat tangannya saat memulai tawaf, maka tidak perlu dianggap sebagai perkara mungkar. Al-Nawawi berkata,

«وأما رفع اليدين حذو المنكبين في الابتداء كالصلاة فجعله بعضهم بدعة وجعله بعضهم سنة قياساً على الصلاة». «الإيضاح في مناسك الحج والعمرة» (ص239)

Artinya,

“Adapun mengangkat kedua tangan sejajar dengan kedua pundak saat memulai (tawaf) seperti salat, maka sebagian ulama memandangnya bid’ah dan sebagian lagi memandangnya sunah dengan diqiyāskan pada salat” ( al-īḍāḥ fī Manāsiki al-ḥajj wa al-‘Umrah hl, 239)

اللهم اجعلنا من الطائفين العاكفين الركع السجود

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R. Rozikin, Dosen di Universitas Brawijaya)

Demikian Artikel " Hukum Mengangkat Tangan Saat Memulai Tawaf "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close