Sunnahnya Masuk Makkah Lewat Saniyyatu Kada Pada saat Ihram

SUNAHNYA MASUK MAKKAH LEWAT ṠANIYYATU KADĀ’ SAAT IHRAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Orang yang berhaji atau berumrah disunahkan memasuki Mekah lewat sebuah tempat yang bernama Ṡaniyyatu Kadā’ (ثَنِيَّةُ كَدَاء). 

Dari arah manapun dia datang ke Mekah dan dari mīqāt manapun, tetap di sunahkan untuk memasuki Mekah lewat daerah tersebut. 

Dasar kesunahannya adalah karena diriwayatkan Rasulullah ﷺ saat ihram masuk Mekah, beliau melalui tempat tersebut. Al-Baihaqī meriwayatkan,

«عن عائشةَ، أن النَّبِيَّ - صلى الله عليه وسلم - دَخَلَ عامَ الفَتحِ مِن كَداءٍ مِن أعلَى مَكَّةَ». «السنن الكبير» للبيهقي (9/ 517 ت التركي)

Artinya,

“Dari Aisyah bahwasanya Nabi ﷺ saat tahun Fathu Makkah beliau masuk dari Kadā’ dari dataran tinggi Mekah” (al-Sunan al-Kabīr, juz 9 hlm 517)

Baca juga: 9 Keutamaan Umroh dan Penjelasannya

Al-Khāṭīb al-Syirbīnī  menegaskan kesunahan ini dalam al-Iqnā’. Beliau menulis,

«وَالْأَفْضَل دُخُولهَا من ثنية كداء بِالْفَتْح وَالْمدّ وَهِي العلياء وَإِن لم تكن بطريقه». «الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع» (1/ 255)

Artinya,

“Afdalnya masuk Mekah lewat Ṡaniyyatu Kadā’- yakni dengan memfathahkan kaf dan memanjangkan dāl. Ia adalah dataran tinggi di Mekah- walaupun rutenya tidak melewati tempat tersebut” (al-Iqnā‘, juz 1 hlm 255)

Makna ṡaniyyah adalah “jalan sempit di antara dua bukit/gunung”. Dalam bahasa inggris ia disebut dengan “pass”. 

Di zaman sekarang Kadā’ disebut dengan Ḥajūn (الحَجُوْن).

$ads={1}

CATATAN

Saya belum tahu peluang praktis melaksanakan sunah ini di zaman sekarang. Karena perlu informasi kondisi transportasi di sana. Bisakah misalnya taksi atau bus diminta masuk Mekah lewat sana? Apakah orang berihram dari miqat manapun mungkin mengusahakan lewat sana? Atau apakah justru pemerintah membatasi untuk jamaah yang datang dari arah tertentu saja dan menutup akses untuk yang lain? Dan seterusnya 

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R. Rozikin, Dosen di Universitas Brawijaya)

Demikian Artikel " Sunnahnya Masuk Makkah Lewat Saniyyatu Kada Pada saat Ihram "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close