Ghibah Para Da'i dan Mubaligh

GHIBAH PARA DA'I DAN MUBALIGH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Imam Ghozali sangat mengecam ghibahnya para da'i dan mubaligh amatiran. Beliau dawuh, ghibah paling buruk itu adalah ghibahnya Al Qurro' (da'i, mubaligh, ulama, santri dan ahli agama). Ada orang alim kok suka ghibah, itu malah mbahnya ghibah.

Misal ada mubaligh berdiri di depan khalayak dan berpidato "Segala Puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kita dari pintu2 penguasa demi mencari nikmat duniawi" atau berkata "Kita berlindung kepada Allah dari putusnya rasa malu kepada-Nya atas perbuatan maksiat ketika banyak orang berbuat maksiat". Atau dikatakan "Seandainya orang itu bisa sabar atas cobaan maksiat dan alhamdulillah kita diselamatkan, kita berdoa agar Tuhan mengampuni para pendosa". Dan kalimat sejenisnya.

Hal seperti ini, dawuh Imam Ghozali, malah perbuatan goblok kuadrat, karena mengumpulkan 2 dosa yaitu dosa ghibah dan dosa riya'. Dan parahnya, pelakunya menutupi busuknya lisan ghibahnya dgn menampilkan topeng kesholehan. Orang alim pelaku ghibah semacam ini sebenarnya sedang ditipu oleh anggapannya sendiri. Pelaku ghibah semacam ini gak merasa bahwa yang sedang mereka lakukan itu sebenarnya ghibah.

$ads={1}

Kenapa ghibahnya mubaligh itu sangat buruk?

Karena hal semacam ini, bila diucapkan oleh mubaligh dan didengar masyarakat, sama saja mengajak kita membenci pihak lain. Pendengar jadi terpengaruh dan ketularan dosa ghibah. Bahkan ghibahnya mubaligh bisa jadi sumber kekacauan di masyarakat.

Umat yang mendengar ocehan ghibah si mubaligh pun kecipratan dosa ghibah. Kanjeng Nabi Muhammad SAW dawuh

المستمع أحد المغتابين

"Para pendengar gosip itu adalah salah satu di antara dua orang penggosip"

Maka, dalam mendengar satu ceramah atau pidato dari da'i atau mubaligh, kita kudu hati2, mbah. Jika isinya tentang menjelekkan satu pihak atau tercium maksud tertentu di balik pidato yang berupa mengajak membenci satu pihak, walau itu terdengar memukau, kudu kita jauhi, langsung lari, gak usah dipikirin dan gak usah dipedulikan.

Mugi manfaat

Oleh: Ustadz Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Ghibah Para Da'i dan Mubaligh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close