Biografi Habib Ali Baqir Al-Saqqaf: Kelahiran, Pendidikan dan Gurunya

BIOGRAFI HABIB ALI BAQIR AL-SAQQAF: KELAHIRAN, PENDIDIKAN DAN GURUNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Al Habib Ali Baqir al-Saqqaf atau yang dikenal dengan Habib Ali Baqir Al Saqqaf merupakan salah satu tokoh ulama yang dikenal di platform facebook sebagai sosok ulama yang berwawasan tinggi. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai ulama yang spesialist dibidang Ilmu kalam. Gus Tsabit Abi Fadil melalui laman facebooknya menyampaikan ceramah Al Habib Ali Baqir Al Saqqaf mengenai historis ilmu kalam di Indonesia,

" Kata beliau Ilmu kalam di indonesia ini memang tidak begitu laku sedikit peminatnya karena ya jujur efek samping ilmu kalam itu sombong dan kasrotul jidal, banyak Habaib dan Kiai yang menolaknya, terlebih corak islam indonesia ini lebih dipengaruhi oleh corak Haramain dan yaman yang memang lebih dominan ke alQuran, Hadits dan Tasawuf. 

Meski demikian, tetapi tentu saja ada juga tasawuf  ilmu kalam, jangan dikira tasawuf itu hanya lewat ilmu tasawuf saja, jalur ilmu kalam juga ada tasawufnya, wajadilhum billati hiya ahsan..

InsyaAllah saya akan mengembangkan ilmu kalam ini di indonesia kelak, mulai level pemula (mubtadi) hingga level tinggi (muntahi) setidaknya bisa menjadi salah satu pusat rujukan ilmu kalam di indonesia. " Ujar Gus Tsabit dalam status facebooknya

Keluasan dan samudera ilmu yang beliau miliki tentu ada perjalanannya. Lalu kemana saja beliau belajar dan berguru? dan bagaimana biografinya?

Berikut kami tuliskan Biografi Habib Ali Baqir Al-Saqqaf yang dikutip melalui fanspage facebook resminya:

$ads={1}

Kelahiran dan Marga

Al Habib Dr. Ali Baqir Al-Saqqaf Zaenal abidin bin Mochamad Baqir dari marga Al-Saqqaf dari Bani' Alawi (Keturunan Sayyidunna Husain di Hadramaut). Lahir pada tahun 1988 di Tulungagung, Jawa Timur - Indonesia.

Pendidikan

2000-2006

Mendapat pendidikan awal selama 6 tahun di Pondok Pesantren Dar At-Tauhid, Malang, Jawa Timur - Indonesia. Di mana asa pengajian agama seperti Bahasa arab & lain-lain ilmu fardhu 'ain (Tsanawiyah & 'Aliyyah) dituntut.

2006-2007

Melanjutkan Pelajaran ke Darul Musthofa di Tarim, Hadramaut - Yaman (Pimpinan Al Habib Umar bin Hafidz)

2007-2013

Melanjutkan perjalanan ke Universitas Al-Ahqaf (Pimpinan Al Habib Prof. Abdullah Baharun) & mengambil Bachelor Degree/S1 (Jurusan Fiqh & Usul Fiqh). Selama belajar di Al-Ahqaf beliau juga belajar di Ribath Tareem (Pimpinan Al Habib Salim As-Syatiri).

Setelah selesai mendalami ilmu Naqliyyat seperti Nahwu, Fiqh, Hadits dan Tasawuf di Yaman, beliau diarahkan gurunya Al Habib Abdurrahmn Al-Saqqaf untuk menyambung Master degree/S2 di Jordan agar boleh berguru dengan Syekh Dr. Sae'eed Foda.

Baca juga: Biografi Habib Zain Bin Smith: Silsilah, Pendidikan dan Gurunya

2013-2017

Sambil beliau membuat Master Degree/S2 (Jurusan Fiqh & Ushul Fiqh) Di WISE' Amman, Jordan. Beliau mulai mempelajari dan mendalami ilmu Aqliyyat seperti ilmu Maqulat, ilmu mantiq, ilmu kalam, ilmu falsafah & ilmu usul fiqih di Madrasah Sa'eed foda (Syekh dan para muridnya)

2017-2022

Beliau telah menamatkan pengajiannya di peringkat PhD/S3 (Jurusan fiqih & Usul fiqih) di UIAM, Malaysia. Di samping itu, beliau aktif mengajar di sekitar Kuala Lumpur, Selangor & Negeri sembilan di dalam berbagai disiplin ilmu seperti Fiqih, Kalam, Mantiq, Maqulat, Tasawwuf, Falsafah dan yang lainnya.

Informasi tambahan: Selain itu Al Habib Ali Baqir Al Saqqaf juga telah berapa kali mengisi di Kajian NU Online di kanal Youtubenya.

Ditulis oleh: Rumah-Muslimin

Demikian Artikel " Biografi Habib Ali Baqir Al-Saqqaf: Kelahiran, Pendidikan dan Gurunya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close