Tugas Pekerjaan Rumah Tangga Dalam Islam, Suami atau Istri?

Tugas Pekerjaan Rumah Tangga Dalam Islam, Suami atau Istri?

TUGAS PEKERJAAN RUMAH TANGGA DALAM ISLAM. SUAMI ATAU ISTRI?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kebanyakan orang menganggap bahwa kewajiban pekerjaan rumah tangga dilakukan oleh seorang istri (red.ibu). Dan tugas mencari nafkah dilakukan oleh sang suami (red. ayah). Benarkah islam mengaturnya demikian?

Berikut pertanyaan serta jawaban mengenai persoalan diatas yang dikutip melalui laman facebook Ustadz Noor Medani:

Pertanyaan:

1. Apakah memasak, mencuci, menyapu, mengepel dll merupakan kewajiban istri?

2. Kalau tidak wajib apakah suami harus mengatakan dan memberi tahu hal tersebut?

Jawaban:

1. Tidaklah wajib

2. Wajib memberitahukan hal tersebut, karena jika tidak diberitahu seorang istri bisa menyangka hal itu sebagai kewajiban dirinya pribadi, bahkan istri akan menyangka pula bahwa dirinya tidak layak mendapatkan nafkah baik sandang pangan dan papan apabila tidak membantu (mencuci, memasak dan lainnya). Hal ini akan manjadikan istri merasa menjadi serasa orang yang terpaksa.

$ads={1}

Ditambah lagi andai istri tetap melakukannya dan sang suami tidak memberi tahu, maka boleh jadi ia menyangka tidak ada kewajiban suami untuk memberikan upah yang wajar atas apa yang ia lakukan dari memasak mencuci dll, lantaran ia teledor dari bertanya tentang hal ini.

(فَرْعٌ) وَقَعَ السُّؤَالُ فِي الدَّرْسِ هَلْ يَجِبُ عَلَى الرَّجُلِ إعْلَامُ زَوْجَتِهِ بِأَنَّهَا لَا تَجِبُ عَلَيْهَا خِدْمَةٌ مِمَّا جَرَتْ بِهِ الْعَادَةُ مِنْ الطَّبْخِ وَالْكَنْسِ وَنَحْوِهِمَا مِمَّا جَرَتْ بِهِ عَادَتُهُنَّ أَمْ لَا وَأَجَبْنَا بِأَنَّ الظَّاهِرَ الْأَوَّلُ؛ لِأَنَّهَا إذَا لَمْ تَعْلَمْ بِعَدَمِ وُجُوبِ ذَلِكَ ظَنَّتْ أَنَّهُ وَاجِبٌ، وَأَنَّهَا لَا تَسْتَحِقُّ نَفَقَةً وَلَا كِسْوَةً إنْ لَمْ تَفْعَلْهُ فَصَارَتْ كَأَنَّهَا مُكْرَهَةٌ عَلَى الْفِعْلِ، وَمَعَ ذَلِكَ لَوْ فَعَلَتْهُ وَلَمْ يُعْلِمْهَا فَيُحْتَمَلُ أَنَّهُ لَا يَجِبُ لَهَا أُجْرَةٌ عَلَى الْفِعْلِ لِتَقْصِيرِهَا بِعَدَمِ الْبَحْثِ وَالسُّؤَالِ عَنْ ذَلِكَ اهـ ع ش عَلَى م ر

[الجمل، حاشية الجمل على شرح المنهج = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب، ٤٨٩/٤]

Oleh: Ustadz Noor Medani

Demikian Artikel " Tugas Pekerjaan Rumah Tangga Dalam Islam, Suami atau Istri? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close