Biografi Syaikh Ibrahim Al Bajuri dan Hasyiyahnya

BIOGRAFI SYAIKH IBRAHIM AL BAJURI DAN HASYIYAHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beliau penulis Hasyiyah Bajuri ini adalah Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad Al-Bajuri. Seorang ulama' ahli fiqh, ilmu kalam, dan juga manthiqi (ahli ilmu manthiq). Beliau adalah Syaikhul Azhar (Grand Syaikh al-Azhar) ke-19 yang mengemban amanah sejak tahun 1847 hingga 1864 Masehi.

Beliau dilahirkan pada akhir kurun ke-12 hijriah yaitu 1198 H bertepatan dengan 1784 M.

Beliau sejak kecil belajar Al Qur'an kepada orang tuanya sampai mutqin lengkap dengan tajwidnya. 

Kemudian pada tahun 1212 Hijriah saat umur 14 tahun beliau masuk di Al-Azhar untuk mempelajari berbagai bidang ilmu. Tapi beliau hanya sebentar karena ada penjajahan Prancis yang di pimpin Napoleon Bonaparte di Mesir. Akhirnya beliau menuju Giza Mesir dan menetap disana sekitar 3 tahun.

Baca juga: Biografi Syekh Ibn Qosim al-Ghazi dan Fathul Qoribnya

Kemudian pada tahun 1216 Hijriah beliau kembali ke Al-Azhar dan mengambil ilmu dari ulama-ulama besar saat itu, seperti :

√ Al-Imam Al-Faqih Al-Musnid Syaikhul Islam Burhanuddin Hasan Al-Quwaisiny. Syaikhul Azhar ke 17. 

√ Al-Imam Al-Musnid Al-Faqih Muhammad Al-Amir Al-Kabir

√ Al-Imam As-Sayyid Al-Misnid Abu Hurairah Dawud Al-Qal'awy

√ Al-Imam Al-Faqih Al-Mutakallim Muhammad Al-Fadholy

√ Al-Imam Al-Faqih Syaikhul Islam Abdullah bin Hijazi Asy-Syarqowy

Dan ulama² lain yang ada di masa beliau.

Dengan ketekunan beliau bermulazamah kepada para Masyayikh saat itu dan didukung kecerdasannya, akhirnya beliau naik ke derajat Syaikhul Azhar. Beliau menjadi Syaikhul Azhar sejak 1263 Hijriah atau 1847 Masehi.

$ads={1}

Untuk motivasi penulisan Hayiyah Bajuri ini sendiri seperti diungkapkan beliau dalam muqoddimah kitabnya, karena beliau dan ulama² dizamannya menilai Hasyiyah Birmawy yang menjadi penjelas terhadap kitab Fathul Qarib terdapat beberapa uraian yang menyulitkan bagi pemula. Akhirnya beberapa teman beliau meminta berkali-kali kepada beliau untuk menuliskan sebuah Hasyiyah yang mudah dipahami, dengan bahasa ringan, maka kemudian beliau mengijabahi permintaan mereka.

Baca juga: Kajian Kitab Fathul Qorib

Kitab ini selain menjelaskan sisi hukum fiqih, dalil dan illat daripada pendapat² itu, juga banyak menguraikan dari segi tata bahasanya, seperti Nahwu, Shorf dan Balaghoh. 

Dalam penilaian saya pribadi kitab Hasyiyah Bajuri ini sama dengan Hasyiyah I'anatut Thalibin karya Sayyid Abu Bakar Syatho Ad-Dimyathi, sangat mempermudah pemahaman terhadap Fathul Qarib sebagaimana I'anatut Thalibin sangat mempermudah terhadap Fathul Mu'in.

Selain Hasyiyah Bajuri ini, beliau juga menulis beberapa kitab lain, yang mungkin banyak kita kenal diantaranya ada :

√ Tahqiqul Maqom yang merupakan Syarh terhadap Kifayatul Awam dalam ilmu Kalam, atau ilmu Tauhid. Ditulis pada tahun 1223 Hijriyah.

√ Fathu Robbil Bariyyah Syarh Nadzom Jurumiyah. Ditulis pada tahun 1229 Hijriyah.

√ Tuhfatul Murid yang merupakan penjelasan dari Jauharotut Tauhid dalam ilmu Kalam juga karya Imam Al-Laqoni. Ditulis pada tahun 1234 Hijriyah.

√ Al-Mawahibul Laduniyyah penjelasan terhadap Syamail Muhammadiyah karya Imam Tirmidzi yang ditulis pada tahun 1238 Hijriyah.

Dan untuk Hasyiyah Bajuri ini, beliau menulisnya pada tahun 1258 hijriah saat umur beliau kurang lebih 60 tahun.

Beliau wafat pada hari Kamis 28 Dzul Qo'dah pada tahun 1276 Hijriah. Beliau di shalati di Al-Azhar. Dimakamkan di maqbaroh al-Mujawirin. Dan umur beliau saat itu kurang lebih 80 tahun.

رحمه الله رحمة واسعة وأعاد علينا من بركاته واسراره وانواره وعلومه.. آمين.

Oleh: Ustadz M Syihabuddin Dimyathi

Demikian Artikel " Biografi Ulama Syaikh Ibrahim Al Bajuri dan Hasyiyahnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close