Harta Dapat Membuat Orang Menjadi Lalai Atau Taat Kepada Allah

HARTA DAPAT MEMBUAT ORANG MENJADI LALAI ATAU TAAT KEPADA ALLAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Diceritakan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, saat menjelang kewafatannya, dilapori bendaharanya yang bernama Musallamah bin Abdul Malik. Si bendahara yang datang dengan panik, melaporkan satu keadaan, "Duh Amirul Mukminin, saya melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan orang sebelum aku. Aku tidak memberi jatah warisan sepeser pun pada anak-anakmu!"

Khalifah Umar bin Abdul Aziz malah menjawab, "Itulah perintahku! Bersumpahlah kamu akan melakukannya!"

Musallamah dan anak buahnya pun bersumpah untuk melakukannya. Ternyata semua itu memang wasiat Sang Khalifah.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz menjelaskan alasan mengapa melakukan itu, "Ketahuilah, bahwa manusia itu ada 2 golongan : Yang diberi nikmat lalu dia jadi makin taat kepada Gusti Allah, sehingga Gusti Allah menggolongkannya jadi orang sholeh. Dan yang diberi nikmat lalu dia malah maksiat kepada Gusti Allah, sehingga Gusti Allah tidak peduli padanya. Dan aku tak tahu golongan mana anak-anakku,"

Kekhawatiran Khalifah Umar bin Abdul Aziz ini beralasan, karena gak semua orang bisa tahan dengan uang yang banyak. Anak khalifah pun gak ada jaminan berubah jadi sholeh jika diwarisi harta ayahnya. Apalagi dari miskin lalu tiba-tiba kaya.

Karena idealnya, seseorang harus memastikan diri bahwa dia sholeh dulu sebelum punya harta. Dalam artian punya ilmu mengelola harta yang benar dan mental yang kuat agar tidak tergoda maksiat saat memegang harta. Sehingga hartanya tidak jadi bencana.

$ads={1}

Seperti dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW

نعم المال الصالح للرجال الصالح

"Sebaik-baiknya harta yang baik adalah harta yang berada di tangan orang sholeh"

Harta dalam Al Qur'an ada kalanya disebut "khoir" atau kebaikan. Karena tujuan harta dicipta memang untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dan menggerakkan hal baik dalam rangka mengabdi pada Gusti Allah. Tapi karena jatuh di tangan orang jahat, maka harta pun jadi bencana.

Maka kita harus memastikan diri punya kepribadian yang sholeh dulu. Agar harta yang kita pegang tidak jadi bencana bagi kita dan orang lain.

Namun kalo udah merasa sholeh tapi kok masih bokek, mungkin bisa membaca doanya Nabi Musa di saat beliau sedang dalam pelarian dan kekurangan.

رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat butuh pada 'sebagian kebaikan' yang sekiranya bisa Engkau turunkan untukku" (Al Qashash 24)

Dibaca tiap habis sholat dengan hati yang kepepet, insya Allah bokeknya dihapus. Syaratnya ya kudu sholeh dulu, mbah.

Mugi manfaat.

Oleh: Ustadz Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Harta Dapat Membuat Orang Menjadi Lalai Atau Taat Kepada Allah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close