Imam Syihabuddin Abu Syuja: Biografi dan Kitab Taqribnya

IMAM SYIHABUDDIN ABU SYUJA: BIOGRAFI DAN KITAB TAQRIBNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam tataran kitab para ulama kita kenal 3 istilah: Matn, Syarh dan Hasyiyah.

Matn : istilah untuk menyebut suatu kitab karya ulama' yang ringkas.

Syarh : istilah untuk menyebut sebuah kitab komentar atau penjelas terhadap matn. 

Hasyiyah : istilah untuk menyebut sebuah kitab komentar terhadap matn dan Syarh, biasanya tidak seluruh keterangan matn dan Syarh di jelaskan. Melainkan hanya pada pembahasan tertentu. 

Dan kitab Taqrib sendiri merupakan Matn, yang nantinya di syarh dengan kitab Fathul Qarib. Dan kitab Taqrib ini memiliki beberapa nama lain, diantaranya Ghoyatul Ikhtisar, Matan Ghoyah wat Taqrib, Ghoyatut Taqrib, dan Mukhtasar Abi Syuja'. 

Kitab ini merupakan buah tulis dari Al Imam Al Alim Al Allamah Syihabiddin Abu Syuja' Ahmad bin Al Husein bin Ahmad Al Asfahani Asy-Syafi'i rahimahullah ta'ala.

Beliau adalah ulama' terkemuka di masanya, menjadi Qodhi, dan beliau belajar madzhab Syafi'i kurang lebih 40 tahun di Bashrah Irak.

$ads={1}

Beliau lahir pada tahun 434 Hijriyah di Bashrah. Seperti disebutkan oleh Al-Hafidz As-Silafi yang merupakan murid beliau dalam kitab Mu'jamus safar.

Adapun tahun wafat beliau tidak diketahui pasti, tapi disebutkan oleh Imam Ibnu Subki beliau wafat di atas tahun 500 hijriah. Dan keterangan ini di ikuti oleh Ibnu Qodhi Ibnu Syuhbah dalam kitab Thobaqotnya.

Kitab Taqrib ini merupakan kitab Mukhtasar atau kitab ringkas di dalam ilmu fikih yang paling baik yang pernah ditulis, dan paling mencakup terhadap tema-tema fikih dengan tampilannya yang sekecil itu.

Imam Al-Khatib Asy-Syirbini mengatakan dalam Al-Iqna': 

إِن مُخْتَصرَ الإِمَامِ الْعَالِمِ الْعَلامَةِ، الحبرِ الْبَحْرِ الفهامةِ، شهَابِ الدُّنْيَا وَالدّين، أَحْمد بن الْحُسَيْن بن أَحْمد الْأَصْفَهَانِي الشهير بِأبي شُجَاع، الْمُسَمّى بغاية الِاخْتِصَار، لَمَّا كَانَ من أبدعِ مُخْتَصر فِي الْفِقْه صُنِّف، وَأجْمعِ مَوْضُوع لَهُ فِيهِ على مِقْدَار حجمه أُلِّفَ، التمس مني بعض الأعزة عَليّ، المترددين إِلَيّ، أَن أَضَع عَلَيْهِ شرحاً يُوَضِّحُ مَا أَشْكَلَ مِنْهُ، وَيَفْتَحُ مَا أُغلِقَ مِنْهُ.

Sesungguhnya Mukhtasar Al Imam Al Alim Al Allamah Al Habr Al Bahr Al Fahhamah Syihabiddunya waddin Ahmad bin Al Husein bin Ahmad Al Asfahani yang terkenal dengan kun-yah Abu Syuja' yang dinamai dengan Ghoyatil ikhtisar ketika mana termasuk kitab Mukhtasar fikih yang paling baik yang pernah di tulis, dan paling bisa mencakup terhadap tema² fikih dengan bentuk kecilnya itu, maka sebagian orang-orang mulia (a'izzah ini Jamak dari kata Al Aziz artinya murtafi'ul qodr wal makanah, orang yang mulia dan memiliki kedudukan mulia) beberapa kali meminta kepadaku untuk menuliskan Syarh atau penjelasan yang bisa membuat apa2 yang sulit dipahami menjadi jelas, dan apa2 yang masih terkunci menjadi terbuka.

Baca juga: Keilmuan Imam Jalaluddin as-Suyuthi dan Kisahnya

Termasuk tsana' ulama, komentar pujian ulama' lagi tentang kitab Taqrib ini di sampaikan oleh Syekh Musthofa Dib Al Bugho dalam At-Tadzhib fii Adillatil Matn Ghoyah wat Taqrib:

إن كتاب (متن الغاية والتقريب) من خير كتب الفقه الشافعي، شكلاً ومضموناً، فهو على صِغَر حجْمه قد اشتمل على جميع أبواب الفقه ومعظمِ أحكامه ومسائله في العبادات والمعاملات وغيرها، مع سهولة العبارة وجمالِ اللفظ وحسن التركيب إلى جانب ما امتاز به من تقسيماتٍ موضوعيةٍ، تُسَهِّلُ على المتفقه في دين الله تعالى إدراكَه واستحضاره.

ويمتاز هذا الكتاب بما كتَب الله تعالى له من قبول، فتجد طلاب العلم والعلماء، قديماً وحديثاً، مقبلين عليه درساً وتعليماً، وفهماً وحفظاً، وإيضاحاً وشرحاً.

Kitab matan Ghoyah wat Taqrib ini merupakan salah satu kitab fikih Syafi'i terbaik, baik bentuk maupun isinya. Walaupun kecil, tapi mencakup bab-bab fikih, mayoritas hukum-hukum nya dan masalah²nya di dalam Ibadat, Muamalat, dan selainnya. Disertai dengan ungkapan yang mudah, bahasa yang menarik dan kalimat yang indah.  Disisi lain, kitab ini juga memiliki keunggulan dengan pembagian2 maudhu'iyyahnya sehingga memudahkan orang yang ingin memahami agama Allah untuk mengetahui dan menghapalkannya diluar hati.

Dan kitab ini juga memiliki keunggulan yakni Allah menjadikan kitab ini diterima banyak orang, kamu bisa menemukan bisa melihat para pelajar ilmu dan para ulama, dulu maupun sekarang menerima kitab ini dengan mengkaji dan mempelajarinya, memahami dan menghapalkannya, serta menjelaskan dan menerangkannya.

Oleh: Ustadz M Syihabuddin Dimyathi

Demikian Artikel " Imam Syihabuddin Abu Syuja: Biografi dan Kitab Taqribnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close