Menjaga Kekhusyuan Majelis Dzikir dan Shalawat

MENJAGA KEKHUSYUAN MAJELIS DZIKIR DAN SHALAWAT

وحصل مرة عام ١٤٠٥ هـ حفلة مولد النبي الكريم صلى الله عليه وسلم أقامها بعض أحباب الشيخ الإمام عبد الله سراج الدين رضي الله عنه بمناسبة حلول شهر ربيع الأنور ، وابتدأ الحفل بقراءة آيات من القرآن الكريم ، ثم أخذ المنشدون بالإنشاد حيث بدأ أحدهم بقراءة ما يعرف بـ( التعطيرة ) والتي تتضمن ألفاظها جانبا من قصة مولده صلى الله عليه وسلم ، وذكر ما حصل من إرهاصات بعثته صلى الله عليه وسلم وغيرها ، وسميت التعطيرة بذلك لأن الحاضرين يرطبون ألسنتهم بالصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم جهرا بين الفينة والأخرى ، وبذلك يزداد المجلس طيبا فوق طيب ، وكأن أحدا يعطر الحاضرين بألوان الطيب. 

Pernah terjadi sekali pada tahun 1405 H acara peringatan maulid Nabi ﷺ diadakan para pengagum al-Syaikh al-Imam Abdullah Sirajuddin ~Mudah-mudahan Allah meridhai beliau~ di bulan Rabiul Awwal. Acara itu dimulai dengan pembacaan ayat-ayat al-Quran, lalu salah seorang munsyid memulai membaca "al-Ta'thîrah/'Aththirillâhumma..." yang redaksinya menyertai kisah maulid nabi ﷺ. Dan ia membaca beberapa irhas (keajaiban sebelum diangkat menjadi Nabi) ﷺ dan lain-lain. Disebut al-Ta'thîrah karena hadirin membaca shalawat pada Nabi ﷺ dengan nyaring dari waktu ke waktu dan dengan bacaan itulah majelis itu semakin terasa syahdu, seakan seseorang memberikan aneka wewangian pada hadirin. 

$ads={1}

ثم لما شرع أحد المنشدين بالتغني بقصيدة يمدح فيها النبي صلى الله عليه وسلم ، وتردد معه فرقته ، جعل يضرب بيده على فخذه وبرجله على الأرض ، بشكل يتوافق مع لحن المديح الذي يؤديه وإيقاعه، فأشار إليه الشيخ الإمام أن يكف عن ضرب الأرض برجله ، فلم يفعل ، فنهاه مرة أخرى فقال : إنه لا يستطيع الإنشاد إن لم يفعل ذلك ، فتغير وجه الشيخ الإمام واستأذن صاحب الدار للذهاب ، واعتذر منه أن يتمم المجلس ، ونهض وقام هو وصحبه ، كل ذلك لئلا يجلس في مجلس ذكر وصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم لا تراعى فيه الآداب الشرعية الواجبة على كل مؤمن . 

Ketika seorang munsyid mendendangkan qashidah memuji nabi ﷺ dan group nasyid itu menggaungkan nasyid bersamanya, ia memukulkan tangannya ke pahanya dan menginjak-injakkan kakinya ke tanah

sesuai irama qashidah yang dibawakannya. Al-Syaikh al-Imam pun berisyarat padanya untuk menahan diri dari menginjak-injakkan kaki ke tanah, namun ia tidak mengindahkan. Al-Syaikh al-Imam pun melarangnya pada kali kedua, namun ia (munsyid itu) berkata bahwa ia tak mampu mendendangkan nasyid jika tidak melakukan gerakan itu. Seketika wajah al-Syaikh al-Imam pun berubah dan beliau memohon izin tuan rumah untuk pamit dan mengadukannya untuk mengakhiri majelis. Beliau dan murid-murid beliau pun bangkit dan  pulang. Itu semua beliau lakukan agar majelis dzikir dan shalawat pada nabi ﷺ tidak kosong dari adab syar'iyyah yang wajib dipatuhi oleh tiap mu'min. 

(إتحاف المُحبِّين بمناقب الشيخ عبد الله سراج الدين: ص٥٢٤)

Oleh: Ustadz Nur Hasim (نور هاشم)

Demikian Artikel " Menjaga Kekhusyuan Majelis Dzikir dan Shalawat "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close