Qof yang bukan Ma'qudah, Antara Kaf dan Qof Ma'qudah

QOF YANG BUKAN MA'QUDAH, ANTARA KAF DAN QOF MA'QUDAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - "Ketahuilah bahwa qof yang bukan ma'qudah merupakan satu huruf diantara dua huruf, antara kaf dan qof ma'qudah. Bukan kaf murni dan juga bukan qof murni.

(Beliau berkata): Oleh karena itu, ahli bahasa mengingkarinya. Adapun guru-guru qiraah kami, beliau-beliau tidak membaca qaf ma'qudah dan menduga keras bahwa memang begitulah beliau-beliau mengambil riwayat dari para guru beliau sebelum-sebelumnya hingga sampai generasi bangsa Arab (generasi awal Islam) yaitu para sahabat radhiyallahu 'anhum hingga Nabi ﷺ, semua meriwayatkan begitu. Adapun bangsa Arab yang kami temui diantara mereka yang tetap pada bahasanya tak ada perubahan seperti Bani Fahm, saya menyaksikan mereka membaca qaf ma'qudah. Demikian pula mayoritas bangsa Arab. Saya pun tak tahu darimana datangnya ke sahabat-sahabat kami di negeri Maghrib, tidak membaca qaf ma'qudah dalam al-Quran." Wallahu a'lam 

$ads={1}

Kitab al-Kibrit al-Ahmar fî bayâni 'ulûmi al-syaikh al-Akbar karya al-Syekh Abdul Wahhâb al-Sya'rani

Al-Hafidz al-Murtadzo al-Zabidi dalam kamus beliau, Tâjul 'Arus, pada entry Jullanâr:

قال شيخنا: وهي القاف التي يقال لها: المعقودة، لغة مشهورة لأهل اليمن، وقد سأل الحافظ ابن حجر شيخه المصنف رحمهما الله تعالى عن هاذه القاف ووقوعها في كلامهم، فقال: إنها لغة صحيحة، ثم قال شيخنا: وقد ذكرها العلامة ابن خلدون في تاريخه، وأطال فيها الكلام، وقال: إنها لغة مضرية، بل بالغ بعض أهل البيت فقال: لا تصح القراءة في الصلاة إلا بها.

Guru kami berkata: yaitu qof yang disebut ma'qûdah, dialek/logat populer penduduk Yaman. Sungguh telah bertanya Al-Hâfidz Ibn Hajar pada guru beliau Rahimahumallah mengenai qaf ini dan ekspresinya pada kalam mereka, beliau menjawab bahwa (qaf ma'qudah) itu merupakan logat shahih. Kemudian guru kami berkata: al-'Allâmah Ibnu Khaldun dalam kitab tarikh beliau telah menuturkannya. Beliau membahas panjang-lebar. Beliau berkata bahwa (qaf ma'qudah) itu merupakan logat Mudhoriyyah, bahkan diantara Ahlul Bait ada yang ekstrim hingga berkata: Tidak sah qiraah (al-Fatihah) dalam shalat kecuali dengannya (membaca qaf ma'qudah). 

Wallahu a'lam

Oleh: Ustadz Nur Hasim (نور هاشم)

Demikian Artikel " Qof yang bukan Ma'qudah, Antara Kaf dan Qof Ma'qudah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close