Arti dan Makna Wushul Menurut Ibnu Atha'illah

ARTI DAN MAKNA WUSHUL MENURUT IBNU ATHA'ILLAH

٢٢٥ - ٭ وُصُولُكَ الَى اللهِ وُصولُكَ الىَ العلمِ بِهِ وَالاَّ فَجَلَّ رَبُّنَا اَنْ يَتصِلَ بِهِ شَىءٌ او تَتـَّصِلَ هُوَ بِشىءٍ ٭

225. “Wushul, atau sampai nya kamu kepada Allah itu sampaimu kepada ilmu hakikat Allah, ini ujung perjalanan para salik,atau yang di maksud wushul adalah makrifat yang sempurna terhadap Allah, kalau tidak begitu, Tuhan itu maha agung, muhal kalau sesuatu itu bertemu atau bersambung dengan Allah atau Allah itu bertemu alias bersambung dengan sesuatu.”

Sampai kepada ilmu hakiki, atau makrifat berarti : dengan mengtahui/meyaqini bahwa Allah itu satu dalam dzat, sifat dan af’al-Nya, Sempurna dalam kesempurnaan-Nya, dan meyakini kalau Allah itu lebih dekat kepadamu daripada dirimu.

Maksud dari muhal kalau sesuatu itu bertemu atau bersambung dengan Allah yaitu : seperti bertemu /bersambungnya sebagian bentuk/benda dengan bentuk lainnya, atau Allah itu bertemu, atau bersambung dengan sesuatu, : tidak ada yang dekat kepada Allah, dan sampai(wushul) kepada-Nya, seperti dekat , bertemu, atau sampainya beberapa bentuk jisim.

$ads={1}

APA LAGI MENGANGGAP   BERSATU DENGAN ALLAH DALAM DZAT NYA,INI HAL YANG MUSTAHIL.

Imam Junaid berkata: kapan dzat yang tidak ada yang menyerupai bisa bertemu langsung dengan dzat yang mempunyai keserupaan, dan perbandingan? Ini dugaan yang sangat jauh ke aneannya.

٢٢٦ - ٭ قُربُكَ مِنهُ ان تَكُونَ مُشَاهِداً لِقُرْبِهِ منكَ والاَّ فمِنْ اَيْنَ انْتَ وَوُجُودَقُربِهِ ٭

226. Dekatmu kepada Allah itu kalau kamu melihat, atau memperhatikan dekatnya Allah kepdamu, kalau tidak demikian, maka darimanakah engkau dan adanya kamu dekat dengan Allah?

Hakikat dekatmu kepada Allah itu jika engkau selalu sadar melihat dekatnya Allah kepadamu.

 Dan Allah itu tidak ada tubuh dan benda, akan tetapi Allah itu Tuhan yang suci dari sifat-sifat yang berubah, Allah itu bersifat dengan sifat- yang luhur dan sempurna. 

Dan bagaimana kamu bisa dekat dengan Allah sepert dekatnya jisim/tubuh?..

Kedekatan yang hakiki adalah dekat Nya Allah kepada kamu.

Firman Nya: jika hamba hamba ku bertanya kepada Mu tentang Aku... (katakan) sungguh Aku dekat.

Firman Allah dalam hadits kudsi:kami lebih dekat dari pada urat nadi.

Oleh: Ustadz Muhammad Rauhul Mufid

Demikian Artikel "Arti dan Makna Wushul Menurut Ibnu Atha'illah"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close