Dzikir La Ilaha Illallah Adalah Dzikir Terbaik

Dzikir La Ilaha Illallah Adalah Dzikir Terbaik

DZIKIR LA ILAHA ILLALLAH ADALAH DZIKIR TERBAIK

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Waktu musim haji. Di padang Arafah. Ada seorang lelaki memungut tujuh batu kerikil. Lalu, satu persatu kerikil itu, ia bacakan kalimat persaksian; bergumam, "Asyhadu Alla Ilaaha IllAllah; Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah".

Malamnya. Ia bermimpi seakan berada di padang mahsyar. Tempat pengadilan akhirat dimulai. Dan vonis terakhir menyebutkan ia harus digiring ke Neraka.

Tiba di depan pintu neraka. Waktu dipaksa masuk. Tiba-tiba muncul batu besar meghalangi pintu masuk neraka. Ia disuruh pindah ke pintu lain, kejadian samapun terulang, tiba-tiba ada batu besar penghalang. Itu berlanjut hingga tujuh pintu.

Lalu. Ada suara berseru: "Batu-batu besar itu adalah yang tadi siang kau jadikan saksi bahwa engkau bersaksi tiada Tuhan selain Allah!"

Kemudian lelaki tersebut dituntun menuju syurga. Di depan pintu syurga kalimat Laa ilaha IllAllah menjemput dan mengantarkannya ke syurga, dengan fadhal dan rahmat Allah ta'ala.

(Da'watut-Taammah 59 Syaikh Abdullah al-Haddaad).

$ads={1}

***

Pesan Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu 'anhu pada keluarganya:

"Tetapilah. Peganglah erat kalimat Laa ilaha illAllah dan istighfar! Berbanyak bacaan keduanya. Sebab Iblis pernah berkata: 'Dulu, pernah kucoba menghancurkan manusia dengan tumpukan dosa-dosa, namun mereka ganti menghancurkanku dengan Laa ilaha illAllah dan istighfar! Melihat itu -kuganti strategiku- dengan menghancurkan mereka lewat hawa nafsu yang mereka sangka sebuah petunjuk'".

(Irsyadul Ibad 4 Syaikh Zainuddin al-Malibari).

***

Baca juga: Dzikir Jalalah: Sejarah, Bacaan dan Cara Mengamalkannya

Dari sahabat Jabir bin Abdillah bin Amri bin Haram al-Anshari radhiyallahu anhu:

أفضل الذكر لا إله إلاالله، وأفضل الدعاء الحمدلله

"Dzikir terbaik adalah Laa ilaha illAllah, dan doa terbaik adalah Alhamdulillah".

Kenapa Laa ilaha illAllah adalah dzikir terbaik? Minimal ada empat alasan:

1. Karena ia adalah kalimat tauhid (peng-Esa-an). Dan sebuah pengakuan ke-Esaan jelas tiada bisa yang menandinginya. 

2. Selain itu, kalimat tauhid tersebut mempengaruhi pembersihan jiwa; yakni menafikan Tuhan selain Allah dengan mengatakan 'Laa ilaha' lalu menetapkan ke-Esaan Allah dengan mengatakan 'IllAllah'. 

3. Dzikir tersebut walaupun awalnya hanya diucap di lisan, namun lambat laun akan meresap ke hati, hingga menempat disana dan menguasai seluruh anggauta tubuh, dan dengannya, orang yang mampu mencicipi serta merasakan betapa manisnya kalimat ini.

4. Iman tidak akan sah kecuali dengan kalimat ini bersama persaksian pada Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam. Ini tidak di temukan pada dzikir selainnya.

Dan kenapa Alhamdulillah adalah doa terbaik?! Karena doa sejatinya adalah sebuah dzikir (penyebutan) lalu dirangkai dengan permintaan hajat seorang hamba. Dan alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) mencakup semua itu. Karena orang yang memuji (mengucap alhamdulillah) bisa di pastikan pujian tersebut sebagai ungkapan syukur atas nikmat yang telah diberikan. Dan bersyukur atas nikmat bisa diartikan sebagai permohonan tambahan nikmat, sebagaimana firmah Allah ta'ala:

لئن شكرتم لأزيدنكم

"Jika kalian bersyukur niscaya akan Ku tambah (nikmatku) pada kalian" Qs. Al-Ibrahim 7.

(Manaahijul Imdad 1/36 Syaikh Ihsan Jampes).

Wallahu a'lam bisshawaab.

Lailaha IlallAh, Alhamdulillahhh ...

Oleh: Ustadz Robert Azmi

Demikian Artikel " Dzikir La Ilaha Illallah Adalah Dzikir Terbaik "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close