Tarawih Tidak Memiliki Jumlah Batas Rakaat, Ini Pendapat Jumhur Ulama

TARAWIH TIDAK MEMILIKI JUMLAH BATASAN RAKAAT, INI PENDAPAT JUMHUR ULAMA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beberapa poin penting yang disampaikan Asy-Syaikh Hamid Akram Al-Bukhari -semoga Allaah menjaganya dan memberikan manfaat kepada kita dari ilmu-ilmunya- dalam satu kesempatan di majlis khataman Shahih Muslim di antaranya:

1. Tarawih tidak memiliki batasan jumlah.

2. Para Ulama telah sepakat melaksanakan tarawih sejak zaman Umar sampai zaman sekarang dengan 23 rakaat.

3. Tidak ada riwayat yang datang dari para Ulama Salaf ataupun generasi setelahnya yang mengingkari pelaksanaan tarawih 23 rakaat, apalagi yang menganggapnya bid'ah, kecuali datang dari Ulama kontemporer zaman sekarang.

4. Jangan tinggalkan jamaah tarawih hanya karena menginginkan jumlah 11. Karena Nabi shalat 11 rakaat dengan bacaan yang sangat panjang. Dan Aisyah menceritakan sifat shalat Nabi, bukan dalam rangka membatasi jumlah tarawih.

5. Mempopulerkan tarawih 11 rakaat memberikan efek negatif kepada umat, di antaranya adalah sikap malas beribadah, karena akhirnya umat lebih memilih 11 rakaat dengan bacaan yang pendek-pendek. Padahal kalau mereka shalat 23 rakaat bisa mengkhatamkan Al-Quran setidaknya satu juz setiap tarawih. Apalagi bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kita seharusnya meningkatkan intensitas ibadah, bukan membatasinya.

Baca juga: Shalat Tarawih Berjamaah Tanpa Bilal dan Jeda Bagaimana Hukumnya?

6. Pentingnya belajar fiqih secara bertahap dari madrasah madzhab, bukan langsung mengkaji dalil sebelum matang.

7. Madrasah madzhab sudah ada sejak masa para Sahabat Nabi. Madzhab-madzhab yang eksis hari ini sebetulnya merupakan kelanjutan dari madzhab para Sahabat. Al-Imam Abu Hanifah lahir dari madrasah Ibn Mas'ud di Irak, Al-Imam Malik lahir dari Madrasah Ibn Umar di Madinah, dan Al-Imam Asy-Syafii lahir dari Madrasah Ibn Abbas di Makkah.

8. Jangan sampai engkau meninggalkan pendapat Ulama Salaf hanya untuk beralih taqlid kepada Ulama kontemporer. Padahal Ulama Salaf merupakan generasi terbaik umat ini. Karena dalam keadaan tersebut engkau telah memilih sesuatu yang sangat utama kepada sesuatu yang tidak utama. 

$ads={1}

9. Bila engkau katakan bahwa engkau mengikuti pendapat Ulama kontemporer karena mereka berfatwa dengan dalil, maka ketahuilah bahwa Abu Hanifah, Malik, Syafii, dan Ahmad juga berfatwa dengan landasan dalil syar'i. Tidak ada para ulama yang berijtihad tanpa landasan syar'i. 

10. Tugas orang awam adalah bertanya kepada Ahludz Dzikri. Dan para imam Madzhab seluruhnya Ahludz Dzikri.

Wallâhu a'lam.

29 Juni 2018

Semoga Allâh mengampuninya dan mengampuni keluarganya. Aamiin.

Oleh: Ustadz Muhammad Laili Al-Fadhli

Demikian Artikel "Tarawih Tidak Memiliki Jumlah Batas Rakaat, Ini Pendapat Jumhur Ulama"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close