Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin Pati: Profil, Fasilitas, Program


PESANTREN RIYADLUL MA'LA AL-AMIN: PROFIL, FASILITAS, PROGRAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Halo sobat rumah-muslimin, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati: Profil, Fasilitas dan Programnya. Simak informasi lengkapnya dibawah ini:

Profil Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati

(Gambar: Gedung pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin (RIMA))


Pondok Pesantren Riyadlul Ma'la A-Amin, yang didirikan oleh KH. Muhibbi Hamzawie dan Nyai Hj. Nihayah Muhibbi pada tahun 1998, merupakan pesantren yang terletak di Jalan Salafiyah, Ds, Kajen 2/1, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. Pesantren ini bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan dan juga mendukung pengajaran di madrasah salafiyah.

KH. Muhibbi Hamzawie sangat beruntung karena memiliki banyak rekan yang membantu dan mendukungnya dalam melanjutkan misi pesantren ini. Dengan adanya pesantren ini, KH. Muhibbi Hamzawie dapat lebih fokus dalam mengajarkan kitab-kitab kuning, terutama kitab-kitab yang masih tersimpan dengan rapi hingga saat ini. Meskipun menghadapi banyak kendala, beliau tetap ingin berjuang untuk kebaikan masyarakat, generasi mendatang, dan para leluhur dengan menyelenggarakan wadah tholabul ilmi.

Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin (RIMA) berencana untuk selalu merespons kebutuhan masyarakat dengan membuka program-program modifikasi pada pesantren tradisional, seperti sorongan, wetonan, bandingan, dan semaan yang khusus untuk mempelajari berbagai persoalan keagamaan yang sedang dan akan dihadapi oleh masyarakat pesantren. RIMA juga akan mengembangkan metodologi baru untuk melengkapi dan meningkatkan wawasan keilmuan.

Oleh karena itu, lembaga ini akan menyelenggarakan program-program yang berbeda dengan lembaga kajian agama yang sudah ada. Pesantren Rima ingin ikut serta dalam upaya merealisasikan para pembaharu yang mengidamkan pemahaman dan penguasaan keagamaan secara komprehensif dan inklusif. RIMA juga akan mendukung gagasan-gagasan proaktif, terutama dalam pembinaan umat yang bercorak pencerahan dengan pendekatan psikologis spiritual santri untuk melatih potensi nalar dan akhlakul karimah.

Pesantren RIMA berdiri di tengah-tengah masyarakat yang beragam, dengan kondisi masyarakat yang relatif terpelajar dan dunia santri yang diembannya, yaitu Desa Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Desa ini memiliki lebih dari 30 pesantren dan 4 madrasah, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai salah satu pusat kajian yang menampilkan kegiatan-kegiatan khusus serta mendukung proses penguatan Islam dan civic society sesuai dengan harapan umat dan perkembangan zaman.

Program-program pesantren RIMA di masa depan akan lebih fokus pada pembinaan kecerdasan umat dengan menggunakan fasilitas teknologi modern seperti internet dan sumber daya manusia profesional. RIMA bermimpi untuk menciptakan kegiatan yang dapat menjadi tren bagi pesantren-pesantren atau forum-forum kajian keagamaan dan kemasyarakatan di Indonesia.

Pendiri Pondok Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin adalah KH. Muhibbi Hamzawie dan Nyai Hj. Nihayah Muhibbi, sedangkan pengasuhnya adalah KH. Ulil Albab Muhibbi, KH. Nur Hafidz, dan Nyai Hj. Isma Rodliyati. Pesantren ini juga memiliki unit pendidikan Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah.

$ads={1}

Pengasuh dan Pengajar Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati

(Gambar: Pengasuh dan Pengajar Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati)


Saat ini pengasuh Pesantren Riyadlul Ma'ala al-amin dipegang oleh KH. Moch Ulil Albab Muhibbi dan Nyai Hj Isma Rodliyati.

Pengajar Pesantren Riyadlul Ma'ala al-amin saat ini (05/12/23) diantaranya yaitu Kyai Ali ZuhdiK. Syamsur, KM. Hanifuddin, K. Abdul Mahin, K. Ah. Rofiq, K. Nor Edy Maghfur, KM. Isthifaúl Ibad, Yusrotun Ni’mah Aris, Yusrotun Ni’mah Rodli, Minan Nur Ida, Farikhah Nailil Muna, Nur Inayah, Ainun Nadhiroh.

Ekstrakulikuler Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati

(Gambar: Hadrah Para santri Riyadlul Ma’la Al-Amin ( RIMA) di pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin ( RIMA))


Beberapa ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh para santri di Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin (RIMA) antara lain tahfidz Al-Qur'an, pembinaan tahsin Al-Qur'an, seni baca Al-Qur'an, kajian kitab kuning, bahtsul masail, diskusi dan penelitian ilmiah, hadrah banjari, pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris), kaligrafi, jurnalistik, dan olahraga seperti senam, sepakbola, voli, bulutangkis, tenis meja, sepak takraw, pramuka, PMR, silat, dan atletik. Selain itu, pesantren ini juga menyediakan pelatihan interpreneur seperti desain grafis, menjahit, komputer, teknik komputer, dan desain grafis.

Fasilitas Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati

(Gambar: Gedung pesantren Riyadlul Ma’la Al – Amin (RIMA))

Fasilitas yang dimiliki oleh Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin (RIMA) meliputi gedung pesantren, asrama pondok pesantren untuk putra-putri, lembaga kursus dan pelatihan komputer, Miftahul Qulub English Center, koperasi, perpustakaan, aula, dapur, dan MCK sanitasi.

Contact Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan pesantren ini, dapat menghubungi melalui website Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin (RIMA) atau melalui:

Tlp. (0295) 4150-737

HP. 0857-1334-9535 dan 0882-3375-9298.

Media Sosial & Website Pesantren Riyadlul Ma’la Al-Amin Pati


Alamat Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin Pati

Kajen, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154

Berikut titik Alamat Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin Pati berdasarkan google maps:

Demikian Artikel " Pesantren Riyadlul Ma'la Al-Amin Pati: Profil, Fasilitas, Program "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close