Kepemimpinan dan Mentalitas Kaum Budak

KEPEMIMPINAN DAN MENTALITAS KAUM BUDAK

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ketika Bani Israel meminta kepada nabi mereka agar dikirimkan seorang raja yang akan memimpin urusan dunia mereka, maka Allah swt mengirimkan kepada mereka seorang yang alim dan memiliki wawasan yang mumpuni bernama Thalut. Akan tetapi, bangsa Bani Israel menolak dan tidak menerima Thalut sebagai pemimpin dengan alasan dia bukan seorang pemodal dan pemilik kekayaan berlimpah. Setidaknya begitulah ucapan yang keluar dari mulut bani Isarel seperti disebutkan dalam firman-Nya surat al-Baqarah [2]: 247

وَقَالَ لَهُمۡ نَبِيُّهُمۡ إِنَّ ٱللَّهَ قَدۡ بَعَثَ لَكُمۡ طَالُوتَ مَلِكاً قَالُوٓاْ أَنَّىٰ يَكُونُ لَهُ ٱلۡمُلۡكُ عَلَيۡنَا وَنَحۡنُ أَحَقُّ بِٱلۡمُلۡكِ مِنۡهُ وَلَمۡ يُؤۡتَ ‌سَعَةً ‌مِّنَ ٱلۡمَالِۚ قَالَ إِنَّ ٱللَّهَ ٱصۡطَفَىٰهُ عَلَيۡكُمۡ وَزَادَهُۥ بَسۡطَةٗ فِي ٱلۡعِلۡمِ وَٱلۡجِسۡمِۖ وَٱللَّهُ يُؤۡتِي مُلۡكَهُۥ مَن يَشَآءُۚ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ (274)

Artinya: “Nabi mereka mengatakan kepada mereka: "Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu". Mereka menjawab: "Bagaimana Thalut memerintah kami, padahal kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang dia pun tidak diberi kekayaan yang banyak?" (Nabi mereka) berkata: "Sesungguhnya Allah telah memilihnya menjadi rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa." Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui.”

$ads={1}

Kenapa Bani Isarel menolak pemimpin yang cerdas dan berilmu dan lebih memilih pemimpin yang kaya dan tajir? Karena Bani Isarel adalah bangsa yang pernah dijajah dan diperbudak Fir’aun selama beradab-abad. Sekalipun, mereka secara fisik sudah mardeka, namun mentalitas kaum budak masih belum hilang dari mereka, sehingga urusan perut masih menjadi standar utama kehidupan daripada urusan otak dan kepala.

Oleh: Syofyan Hadi

Demikian Artikel " Kepemimpinan dan Mentalitas Kaum Budak "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close