Lingkungan Tempat Tinggal Ideal Menurut Islam

LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL IDEAL MENURUT ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Lingkungan yang baik dan ideal yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal adalah sebuah lingkungan yang di dalamnya terdapat dua tim ahli. Pertama, ahli agama, dan kedua, ahli medis. 

Ahli agama yaitu orang yang ahli dan berkompetensi di bidang ilmu dan hukum keagamaan (aqidah, akhlak, dan syari’ah) dengan segala macam gelarnya, seperti syaikh, abuya, kyai, ustat dsb. Sedangkan ahli medis adalah orang yang ahli dan berkompetensi di bidang ilmu thibb (kedokteran) dan kesehatan organ tubuh. Mencakup Thabib, dokter, bidan, mantri dsb. 

Para ulama sangat mewanti-wanti agar kita tidak berdomisili di sebuah tempat atau lingkungan yang di situ jauh dari ahli agama dan fakar kesehatan, karena akan berujung kesesatan dan kesengsaraan lahir-bathin. Na’udzu billaah. 

$ads={1}

Imam Tsauban rda meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda: 

لا تسكنن الكفور، فإن ساكن الكفور كساكن القبور (رواه البخاري في الأداب المفرد، ٥٩٢).

Janganlah kalian menetap di dalam alkafur, karena sesungguhnya orang yang menempati alkafur, ia laksana orang yang menempati kubur. (Al- Adabul Mufrod, no: 592).

Syaikh Sulaiman al-Suwaifi rhm menafsirkan kalimat “al-kafur” sbb: 

والمراد بالكفور القرى البعيدة عن المدن التي هي مجمع العلماء والصلحاء كما في شرح الجامع (تحفة الحبيب، ج ٢/ ص ٤٠١). 

Yang dimaksud dengan “alkafur” ialah tempat atau perkampungan yang jauh dari medan (kota) tempat di mana berkumpulnya para ulama dan orang2 sholih. Sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Jami’ (Shogir). 

Imamuna Syafi’i radiyallahu ‘anhu juga mengatakan: 

لا تسكنن بلدا لا يكون فيه عالم يفتيك عن دينك، ولا طبيب ينبأك عن أمر بدنك

(أداب الشافعي ومناقبه، ٢٤٤).

Jangan sekali kali engkau tinggal di suatu tempat di mana tidak terdapat seorang alim (ahli agama) yang memberikan fatwa tentang urusan agamamu dan juga tidak ada ahli medis yang memberitahu perihal kondisi badan dan kesehatan-mu. 

Oleh: Muhammad Rizky Haetami

Demikian Artikel " Lingkungan Tempat Tinggal Ideal Menurut Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close