Memakai Parfum Saat Berpuasa Hukumnya Makruh

MEMAKAI PARFUM SAAT BERPUASA HUKUMNYA MAKRUH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim selama bulan Ramadan. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan kesempatan untuk membersihkan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah.

Hukum Memakai Parfum Saat Berpuasa

Parfum merupakan salah satu kesukaan Nabi Muhammad Saw, karena Rasulullah suka dengan wangi-wewangian. Saat berpuasa apakah memakai parfum diperbolehkan? dan bagaimana hukumnya?

1. Orang yang berpuasa dimakruhkan menggunakan wewangian pada siang hari. Adapun jika menggunakannya pada malam hari, namun baunya masih melekat sampai ke esokan harinya tidak apa-apa, sesuai dengan qa'idah fiqhnya:

يغتفر في الدوام ما لا يغتفر في الابتداء ..

“Dimaafkan dalam kelanjutan apa yg tidak dimaafkan dalam permulaan.”

Dikarenakan dalam penggunaan minyak wangi terdapat kandungan makna kemewahan di dalamnya yang tidak selaras dengan tujuan dari puasa yaitu mengekang hawa nafsu.

حاشية البجيرمي على المنهج - (ج ٢ /ص ٧٨)

(ﻭ) ﺗﺮﻙ (ﺷﻬﻮﺓ) ﻻ ﺗﺒﻄﻞ اﻟﺼﻮﻡ ﻛﺸﻢ اﻟﺮﻳﺎﺣﻴﻦ ﻭاﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻬﺎ ﻟﻤﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻣﻦ اﻟﺘﺮﻓﻪ اﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﻨﺎﺳﺐ ﺣﻜﻤﺔ اﻟﺼﻮﻡ.

$ads={1}

(ﻗﻮﻟﻪ ﺣﻜﻤﺔ اﻟﺼﻮﻡ) ﻭﻫﻲ اﻟﻜﻒ ﻋﻦ اﻟﺸﻬﻮاﺕ

2. Orang berpuasa juga dimakruhkan bersiwak setelah “zawal” (tergelincirnya matahari). Namun Imam Nawawi memilih pendapat tidak adanya kemakruhan secara mutlak.

3. Begitu juga dimakruhkan bagi orang yang berpuasa mencicipi makanan, kecuali jika ada hajat, semisal agar tau enak tidaknya rasa suatu makanan bagi juru masak.

- فتح المعين - (ج ١ /ص ٢٧٤) المكتبة الشاملة 

ﻭﺳﻦ ﻛﻒ ﻧﻔﺲ ﻋﻦ ﻃﻌﺎﻡ ﻓﻴﻪ ﺷﺒﻬﺔ ﻭﺷﻬﻮﺓ ﻣﺒﺎﺣﺔ ﻣﻦ ﻣﺴﻤﻮﻉ ﻭﻣﺒﺼﺮ ﻭﻣﺲ ﻃﻴﺐ ﻭﺷﻤﻪ ...الى أن قال... ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺳﻮاﻙ ﺑﻌﺪ اﻟﺰﻭاﻝ ﻭﻗﺖ ﻏﺮﻭﺏ ﻭﺇﻥ ﻧﺎﻡ ﺃﻭ ﺃﻛﻞ ﻛﺮﻳﻬﺎ ﻧﺎﺳﻴﺎ. ﻭﻗﺎﻝ ﺟﻤﻊ: ﻟﻢ ﻳﻜﺮﻩ ﺑﻞ ﻳﺴﻦ ﺇﻥ ﺗﻐﻴﺮ اﻟﻔﻢ ﺑﻨﺤﻮ ﻧﻮﻡ.

- نهاية الزين - (ج ١ /ص ١٩٥) المكتبة الشاملة

ﻭﻣﻜﺮﻭﻫﺎﺕ اﻟﺼﻮﻡ ﺛﻼﺛﺔ ﻋﺸﺮ: ﺃﻥ ﻳﺴﺘﺎﻙ ﺑﻌﺪ اﻟﺰﻭاﻝ ....الى أن قال... ﻭﺫﻭﻕ اﻟﻄﻌﺎﻡ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﺧﻮﻑ اﻟﻮﺻﻮﻝ ﺇﻟﻰ ﺣﻠﻘﻪ ﺃﻭ ﺧﻮﻑ ﺗﻌﺎﻃﻴﻪ ﻟﻐﻠﺒﺔ ﺷﻬﻮﺓ، ﻧﻌﻢ ﻟﻮ ﺫاﻕ اﻟﻄﻌﺎﻡ ﻟﻐﺮﺽ ﺇﺻﻼﺣﻪ ﻟﻤﺘﻌﺎﻃﻴﻪ ﻟﻢ ﻳﻜﺮﻩ ﻟﻠﺤﺎﺟﺔ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﻨﺪﻩ ﻣﻔﻄﺮ ﻏﻴﺮﻩ ﻷﻧﻪ ﻗﺪ ﻻ ﻳﻌﺮﻑ ﺇﺻﻼﺣﻪ ﻣﺜﻞ اﻟﺼﺎﺋﻢ ﻛﻤﺎ ﺃﻓﺎﺩﻩ اﻟﺸﺒﺮاﻣﻠﺴﻲ.

Wallahu A'lam..

Oleh: Muhammad Yaaquutin Nafies

Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Memakai Parfum Saat Berpuasa Hukumnya Makruh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close