Tujuh Doa Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah

TUJUH DOA PENENANG HATI UNTUK MENGHILANGKAN STRES, SEDIH, DAN GELISAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pikiran merupakan pusat inti menjalani aktivitas, ketika pikiran kita baik maka aktivitas kita pun akan berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, islam mengajarkan umatnya agar selalu positif thinking agar hidup yang dijalani penuh dengan hikmah dan kebaikan.

Dalam roda kehidupan, pasti kita mengalami berbagai masalah dan cobaan yang menyebabkan kita gelisah, sedih, berputus asa dan stres. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan dialami setiap orang.

Islam mengajarkan kepada umatnya ketika mengalami situasi-situasi sulit untuk membaca doa-doa tertentu yang sudah diajarkan. Contohnya seperti Tujuh Doa Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah yang kami tulis dalam artikel ini. 

Bagi kamu yang sedang mengalami perasaan diatas, silahkan baca doa-doa berikut ini, siapa tahu asbab membaca doa ini perasaan/hati sobat akan lebih membaik:

DOA 1

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

"Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’."

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk dan dari keberhasilan musuh. (Sahih Bukhari).

Doa ini menjelaskan agar kita terhindar dari berbagai macam bala dan musibah yang dikehendaki oleh-Nya. dengan memohon doa ini kita berharap Allah melindungi kita dari segala penderitaan, takdir buruk dan hal lainnya.


$ads={1}

DOA 2 :

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

"Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths".

Maksudnya : Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. (Hadis Riwayat Tirmidzi).

Doa ini menjelaskan bahwa kita memohon pertolongan Allah dari yang Maha segalanya, dari kuasa-Nya, karena sesungguhnya Allah merupakan tempat memohon pertolongan, tiada ada lagi yang dapat diminta pertolongan kecuali Allah, demikian konteksnya.

DOA 3 :

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

"Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla."

Maksudnya: “Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” (Sahih Ibnu Hibban).

Doa ini menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah subhanahu wa ta 'alaa merupakan tuhan yang dapat mengubah segala sesuatu, memudahkan segala sesuatu yang dikehendakinya, begitu juga dengan urusan hamba-hamba-Nya. Dengan membaca doa ini, kita berharap agar segala permasalahan yang dihadapi saat ini dipermudah oleh Allah ta'alaa.

DOA 4 :

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

"Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal."

Maksudnya : Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang. (Sahih Bukhari).

Doa ini menjelaskan bahwa kita meminta perlindungan kepada Allah dari hati yang gelisah, sedih dan sifat-sifat buruk (yang tidak disukai oleh Allah). Doa ini merupakan doa agar hati dan pikiran kita selalu tenang dan damai. Doa ini juga dapat dibaca seusai shalat fardhu.

DOA 5 :

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

"Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin."

Maksudnya : Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah). Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri. (Surah Al-Anbiya’ Ayat 87).

Doa ini menjelaskan bahwa sesungguhnya kita merupakan hamba Allah yang tidak luput dari kesalahan yang disengaja maupun tak disengaja. Kita berserah diri kepada Allah, tuhan alam semesta.

DOA 6 :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

"Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli."

Maksudnya : Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku. (Surah Taha Ayat 25-28).

Doa ini menjelaskan bahwa kita berharap agar Allah melapangkan hati, memudahkan urusan dan memberikan pemahaman kepada mereka yang mendengarkan ucapan kita.

Demikian Artikel " Tujuh Doa Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close