Kiat Mendidik Anak


KIAT MENDIDIK ANAK

Guru Mulia Alhabib Umar bin hafidz :

Para ulama berkata, “Ajarilah anak-anak kalian rasa cinta kepada Allah dan Rasulullah sebelum rasa cinta kepada dunia memasuki hati mereka.”

Sebagian ulama membuat permisalan dengan lembah yang bernama lembah ‘Aqron dan lembah Sar. Jika hujan turun maka air mengalir dari puncak gunung. Lembah ‘Aqron mengalirkan air yang asin dan tidak enak. Sehingga tanah yang dialiri air tersebut menjadi tandus dan tak bisa digunakan untuk 
bercocok tanam.

Namun jika air yang mengalir melewati lembah Sar terlebih dahulu, maka tanah menjadi gembur dan baik untuk bercocok tanam.

Begitu pula anak-anak kita jangan sampai kedahuluan air dari lembah ‘aqron…
Maknanya jangan sampai kedahuluan di telinga mereka perkataan yang buruk, caci maki, dan celaan sebelum perkataan yang baik. Karena hal ini amat mempengaruhi hati dan akal mereka.

Habib Umar bercerita bahwaia menemui beberapa keluarga di negara Muslim yang menjaga anaknya hingga tak pernah mendengar perkataan yang buruk sama sekali sejak kecil hingga baligh… Di rumah, di jalan, sekolah, Masjid, bahkan pasar…Sampai-sampai anak-anaknya tak boleh keluar ke masjid kecuali bersama orang yang benar-benar bisa menjaga mereka. Sebagian lagi melarang anak-anaknya untuk masuk ke pasar sama sekali. Padahal di pasar terdapat banyak ahli dzikir dan hapal Alquran.

Mereka khawatir anak-anaknya kedahuluan mendengar perkataan yang buruk atau melihat sesuatu yang dapat merusak tujuan mereka beribadah kepada Allah. Bagaimana dengan keadaan kita…? Saat ini anak-anak kita dididik di depan televisi hingga mempengaruhi cara hidupnya. Hatinya asyik dengan suguhan acara televisi dan telinganyasenantiasa mendengar percakapan yang jauh dari syariat…

Ayo,kita didik anak-anak kita hingga tidaklah matanya kecuali menatap wajah orang-orang soleh,telinganya mendengar Alquran, dst. Perkataan baik yang mereka dengar akan membawa hidayah kejalan yang Allah. Dan sebaliknya, perkataan yang buruk akan membimbing mereka ke jalan yang dimurkai Allah.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma soli ala sayidina muhammad nabiyil umiy wa alihi wa shobihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close