Banyak Salawat Adalah Tanda Utama Ahlussunnah


Banyak Salawat Adalah Tanda Utama Ahlussunnah

Suatu ketika seseorang lelaki datang pada imam Ali bin Husayn bin Ali(cicit dari baginda Rasul sallahualaihi wasalam) yang terkenal dengan julukan zaynal abidin.

Lelaki itu berkata, Ya Imam, Nabi umat islam berkata bahwa umat ini akan terpecah menjadi 73 golongan...yang manakan yang benar."

Imam menjawab,"Yang menggambarkan dirinya sebagai "Ahl Sunnah yaitu islam tradisional"

lelaki itu adalah seorang yg bijaksana, sehingga dia bertanya lebih jauh mengenai jawaban sang imam " namun pasti akan banyak diantara mereka yang mengklaim sebagai Ahl sunna.."

untuk pernyataan itu imam Ali bin Husayn berkata "kelompok yang membaca banyak shalawat untuk NabiyAllah adalah di jalan yang benar"
----------------------

Maulana Syaikh Ali Jum'ah:

"Memperbanyak salawat dan salam kepada Nabi Muhammad ï·º adalah salah satu ibadah dan ketaatan yang paling utama. Hal ini merupakan anjuran Qur'an dan Sunnah.

Diriwayatkan oleh sahabat Ubay bin Ka'ab, beliau berkata: Wahai Rasulullah, saya ingin banyak bersalawat, maka tuntunlah saya, sebarapa banyak saya boleh bersalawat kepada engkau?.

Rasululullah ï·º menjawab: sesuai kehendakmu.
Aku berkata: Bolehkah seperempat hariku diisi dengan salawat?

Nabi ï·º menjawab: Sesuai kehendakmu. Namun, lebih banyak lebih baik.

Aku berkata: Bagaimana jika setengah hariku?

Nabi ï·º menjawab: Sesuai kehendakmu. Namun, lebih banyak lebih baik.

Aku berkata: Bagaimana jika dua pertiga hariku?
Nabi ï·º menjawab: Sesuai kehendakmu. Namun, lebih banyak lebih baik.

Aku berkata: Kalau begitu saya akan isi seluruh hari dan hidupku untuk bersalawat.

Nabi ï·º menjawab: Jika itu yang kamu lakukan, maka Allah akan hilangkan kesusahanmu dan hapus dosamu.
(HR: At Tirmidzi)

Para ulama berkata: Angka minimal memperbanyak salawat adalah 1000 kali. Ada yang berpendapat: 300 kali. Namun yang pasti adalah: bahwa sebanyak apapun seseorang bersalawat maka angka itu tetap sedikit jika melihat kepada keagungan dan ketinggian derajat Nabi ï·º di sisi Allah.

Intinya, banyak bersalawat adalah tanda utama yang membedakan Ahlussunnah Wal Jamaah dari golongan lain sepanjang masa, sebagaimana yang dikatakan oleh imam Ali Zainal Abidin: Tanda Ahlussunnah adalah banyak salawat kepada baginda Nabi Muhammad ï·º ."

( Maulana Syaikh Ali Jum'ah )

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholi 'ala sayidina Muhammad nabiyil umiyi wa 'ala 'alihi wa shohbihi wa salim
   
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close