Batas Gram Perhiasan Yang Diperbolehkan dipakai Wanita


BATAS UKURAN ISROF PERHIASAN WANITA

PERTANYAAN :

Assalamu alaikum, mohon tanggapan sempai berapa gram perhiasan yang diperbolehkan dipakai wanita dan berapa gram yang dikatakan israf ? mohon sertakan ibarotnya. [Ach Hosi Yanto Ilyas].

JAWABAN :

Wa'alaikumsalaam, perempuan boleh memkai perhiasan emas dan perak tanpa berlebihan, jika berlebihan maka tidak boleh, misal berlebihan adalah ukuran total perhiasan yang dipakai sebanyak 200 mitsqol. Dalam kitab Al-Fiqhul Islamy, dijelaskan 200 mitsqol itu kurang lebih setara dengan 850 gram. Namun menurut Al-adzro'i, ukurannya tidak terbatas 200 mitsqol namun yang menjadi pertimbangan adalah adat kebiasaan jadi bisa lebih dari 200 ataupun kurang.  Sedangkan menurut yang lainnya bahwa ukuran berlebihan dalam perak mencapai 2.000 mitsqol. Wallohu a'lam. [Nur Hamzah, Abdul Qodir Shodiqi].

- kitab i'anah (2/181) :

ويحل الذهب والفضة بلا سرف لامرأة وصبي إجماعا في نحو السوار والخلخال والنعل والطوق. وعلى الأصح في المنسوج بهما. ويحل لهن التاج وإن لم يعتدنه وقلادة فيها دنانير معراة قطعا وكذا مثقوبة ولا تجب الزكاة فيها. أما مع السرف: فلا يحل شيء من ذلك كخلخال وزن مجموع فردتيه مائتا مثقال فتجب الزكاة فيه
----
(قوله: مائتا مثقال) قال في التحفة: لم يرتض الأذرعي التقييد بالمائتين، بل اعتبر العادة، فقد تزيد وقد تنقص. وبحث غيره أن السرف في خلخال الفضة أن يبلغ ألفي مثقال، وهو بعيد، بل ينبغي الاكتفاء فيه بمائتي مثقال كالذهب. اه.
- kitab Al-Fiqhul Islamy 3/1827 :

بأن بلغ مئتي مثقال (حوالي ٨٥٠ غم)

Sumber : piss-ktb.com

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close