Menag: Hargai dan Hormati Saudari Kita yang Bercadar


Rentetan kasus teror bom di sejumlah wilayah di Indonesia berdampak pada maraknya kecurigaan terhadap perempuan bercadar. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun meminta masyarakat untuk menghormati dan menghargai penggunaan cadar oleh perempuan muslimah. 

"Saudara-saudara kita yang bercadar kita hargai dan hormati dia. Karena itu adalah haknya, untuk melaksanakan bagaimana pengamalan pemahaman agama yang dimilikinya," kata Lukman, di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018). 

Lukman menjelaskan alasan penggunaan cadar. Salah satunya, berkaitan dengan keyakinan dalam pemahaman keagamaan. 
Baca juga: Penjelasan Menag soal Viral Video Ucapan 1 Ramadan 17 Mei

"Oleh karena itu kita semua berharap mudah-mudahan kita bisa menghargai menghormai pengamalan pelaksanaan keagamaan dari masing-masing kita," ujarnya. 

Ia pun juga meminta perempuan-perempuan yang menggunakan cadar untuk dapat memahami situasi dan kondisi di Indonesia. Terlebih lagi, pasca rentetan bom yang terjadi di Jawa Timur. 

"Sekarang sebagian masyarakat kita ada semacam keresahan atau kekhawatiran atau mungkin bahkan kercurigaan terhadap mereka-mereka yang menggunakan cadar," ungkap Lukman. 

Ia berharap perempuan yang menggunakan cadar juga dapat memberikan rasa aman kepada lingkungannya. Caranya, kata Lukman, salah satunya dengan menunjukkan bahwa mereka bukanlah ancaman bagi keselamatan dan keamanan masyarakat. 
Baca juga: Kemenag Jatim Bantah Istri Terduga Teroris Pegawainya

"Oleh karenanya, harus lebih kooperatif harus lebih terbuka, harus lebih bisa membaur dengan lingkungannya sehingga semua kita merasa aman meskipun ada sesama kita yang menggunakan cadar. Jadi penggunaan cadar bukanlah alasan bagi kita untuk merasa risau, galau, curiga, khawatir," tutur Lukman. 

Seperti diketahui, rentetan bom terjadi di wilayah Jawa Timur, seperti di 3 gereja dan Mapolresta di Surabaya, serta rusunawa di Sidoarjo. Terduga teroris perempuan yang terlibat, diketahui mayoritas menggunakan cadar.

Sumber : detik.com

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close