Apakah FPI Ormas Islam Yang Radikal? Ini Analisanya!!!


Apakah FPI Ormas Islam Yang Radikal? Ini Analisanya!!!

RUMAH-MUSLIMIN.BLOGSPOT.CO.ID - Kali ini saya akan membahas tentang Ormas Front Pembela Islam, atau yang biasa disebut oleh banyak orang FPI.

Siapa Sih yang tidak mengenal Front Pembela Islam (FPI)?, Nama ormas ini sudah tidak asing lagi ditelinga para netizen dan diseluruh masyarakat Indonesia.

Ormas ini  dideklarasikan pada 17 Agustus 1998 (atau 24 Rabiuts Tsani 1419 H) di halaman Pondok Pesantren Al Um, Kampung Utan, Ciputat, di Selatan Jakarta oleh sejumlah Habaib, Ulama, Mubaligh dan Aktivis Muslim dan disaksikan ratusan santri yang berasal dari daerah Jabotabek. yang saat ini Ormas ini dipimpin oleh Alhabib Muhammad Rizieq Syihab, LC, MA.
  
Saya sendiri mendengar Ormas FPI pertama kali disebuah media televisi, dimana ketika itu FPI sedang melakukan suatu aksi yang sangat brutal, sadis dan tidak berprikemanusiaan ketika peringatan hari Pancasila tepatnya pada tanggal 1 Juni 2008 dimonas yang lalu. Kerap kali saya melihat pemberitaan dimedia televisi mengenai FPI, lagi-lagi kasus yang sama yang terjadi. yaitu adanya aksi anarkis dan kekerasan.

Saya merasa heran, kenapa ormas yang mengatasnamakan islam ini kerap kali bikin onar, apalagi ketika melihat disetiap pemberitaan-pemberitaan televisi aksi-aksi tersebut membuat wajah dan aliran darah saya mengalir begitu cepatnya, seakan-akan lisan ini ingin menghardik mereka.
Setelah saya melakukan tabayyun terhadap Ormas tersebut, maka saya tidak menemukan apa yang saya pikirkan selama ini. ternyata ormas ini bukan ormas radikal, karena mereka melakukan aksi yang menimbulkan anarkis dan kekerasan ada asal mula serta alasannya.
  
Saya melihat Ormas ini begitu baik dan begitu bertoleran kepada siapapun, tanpa memandang bulu, tanpa memandang kawan dan lawan. yang sering saya dengar dikalangan netizen, bahwa ormas ini adalah ormas anti pancasila dan anti kebhinekaan. Malah yang saya lihat secara fakta, mereka bukanlah ormas yang sering netizen bicarakan. 

Kegiatan FPI Pada Tsunami Aceh Desember 2004
Salah satu kekaguman atas ormas ini, saya melihat bagaiamana FPI membantu korban Tsunami di Aceh tahun Desember 2004 yang lalu, yang dimana FPI berhasil mengevakuasi kurang lebih 100.000 jenazah, membantu korban gempa jogja, bencana situ gintung dan lain sebagainya. dan masih banyak kegiatan-kegiatan positif lainnya yang tidak saya dapat sebutkan satu per satu.

Dan herannya, kenapa kegiatan-kegiatan positif tersebut tidak di ekspos dimedia?, kenapa yang selalu di ekspos hanya berita-berita yang buruk mengenai FPI. dari situ saya mulai tidak mempercayai media televisi sepenuhnya, karena yang saya tahu, bahwa media itu mencari berita yang dapat membuat ratting penonton di siaran TV mereka meningkat, semakin banyak yang menonton, maka akan semakin banyak pemasukan yang mereka dapatkan dari hasil tayangan tersebut.

Lalu saya mencoba mencari info ditempat lainnya, sayapun tidak menemukan di media elektronik (radio), media cetak (koran) dan media online. saya makin heran, apa karena mereka anti dengan FPI atau bagaimana lalu tidak memberitakan berita-berita positif yang mereka lakukan tersebut?. Entahlah....

Jadi Inti kesimpulan menurut yang saya fahami tentang Front Pembela Islam. bahwa FPI adalah ormas keagamaan, yang keras dan tegas dalam beramar ma'ruf nahi mungkar. memang terkadang ada sedikit perbuatan/prilaku sebagian dari mereka yang tidak beradab/pun tidak sepantasnya mereka lakukan. itu dikarenakan aspirasi mereka " mungkin " tidak diterima ataupun tidak didengar (mungkin yah).

Tapi tetap, saya tidak membenarkan perbuatannya tersebut, karena kekerasan adalah suatu perbuatan yang memang tidak beradab. tapi lepas dari itu, saya apresiasi daripada kegiatan-kegiatan positif yang mereka lakukan.

Hikmah Yang Dapat Di Petik

Setiap ormas, setiap manusia dan setiap ulama pasti memiliki kekurangannya tersendiri. maka bagi kita yang menilainya, jangan melihat dari sudut pandang yang baik ataupun yang buruknya saja. tapi lihatlah dari sudut pandang keseluruhan. netrallah dalam menilai. ketika kita telah netral dalam menilai maka kita akan tahu bagaimana penilaian tersebut. dan lakukanlah tabayyun dalam mencari suatu info/berita tentang perkara yang kita lihat, maka kelak  kita akan menemukan jawaban pada akhirnya.

Untuk Front Pembela Islam (FPI), Teruslah maju, teruslah lakukan apa yang menurut agama ini benar. Rasulullah SAW & Khalifah Umar bin khattab ra memang tegas dalam nahi mungkar, tapi ketegasan mereka tidak sampai menimbulkan kekerasan, maka kurangilah daripada sifat-sifat kekerasan terhadap orang lain, dari bentuk fisik maupun non fisik (lisan). Kami mendukung dari segala perbuatan-perbuatan baikmu dalam segi hal ( Tolong menolong korban bencana dll ).

Salam mahabbah, salam perjuangan dan salam cinta untuk Seluruh Anggota FPI dimanapun kalian berada. walaupun kita berbeda dalam tindakan tapi kita bersaudara dalam pemahaman serta sama dalam visi misinya.

Salam dari kami, Al-Faqir pengurus rumah-muslimin.blogspot.co.id 

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim
  
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close