Apakah Hubungan Ruh Dan Jasad Berlangsung Sama Atau Berbeda-beda?


Pertanyaan;

Apakah hubungan ruh dan jasad berlangsung sama atau berbeda-beda?

Jawab:

Ruh punya empat tempat. Dalam kandungan ibu, dalam ke­hidupan dunia, dalam alam barzakh atau alam kubur dan pada hari bangkit (yaumul baats). Semuanya berbeda-beda. Hubu­ngan ruh dan jasad pada hari akhirlah yang abadi dan paling tinggi.

Di dunia kalau kita makan atau minum akan meninggalkan sisa yang harus dibuang, jika tidak akan menjadikan penyakit, wujudnya kotoran atau kencing. Tetapi di surga, makan atau minum tidak menjadi kotoran. Yang ada hanya keringat berbau harum. Hukum Allah mengubah semua itu.

Firman-Nya,

“Dan kami cabut segala macam dendam yang berada di da­lam dada mereka, mengalir di bawah mereka sungai-sungai.” (al-A’raaf: 43)

Di surga, jiwa tidak diwajibkan melakukan tugas-tugas, ter­masuk tugas ibadah, tidak ada rasa sedih, susah, lelah dari bergaul dengan istri, walaupun seratus kali sehari. Ringkasnya, perubahan hubungan itu yaitu,

Dalam kandungan ibu, di sini jasad tidak hidup tetapiberkembang.
Dalam kehidupan dunia (berbeda antara tidur dan sadar).
Dalam alam barzakh, di sini ruh bergabung dengan jasad untuk menerima pertanyaan kubur dan secara masing-masing (ruh dan jasad) merasakan siksa atau bahagia.
Yang paling akhir yaitu dalam surga atau di neraka.

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab Karya Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close