Berhati-hatilah Dengan Ilmu Yang Di Miliki


BERHATI-HATILAH DENGAN ILMU YANG DIMILIKI

Jadi, setiap kali mendapat tambahan ilmu, kita mesti bangga, karena itu artinya Allah memuliakan kita dengan memberi ilmu, warisan para nabi. Tetapi, pada saat yg sama, kita jg mesti cemas bahwa ilmu itu malah menambah hujjah yg menjatuhkan kita di akhirat kelak. Orang yg menerima ilmu dengan hakikat ini, takut akan menjadi hujjah yg menyerang & menjerumuskannya, sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk takabur. Ia merasa takut. Semakin ilmunya bertambah, ia kian merasa dikepung marabahaya & hujjah. Semakin sopan kepada Allah, ia makin menunduk & merasa diawasi Allah, sehingga kesempatan takabur benar2 terturup.

Sementara itu, peluang orang yg merasa cukup dengan bentuk ilmu peluang untuk takabur terbuka makin lebar. Layaknya sebuah balon, semakin ditiup, kian membesar, sampai meletus. Tidak demikian halnya dengan orang yg ilmunya meliputi bentuk & halikat. Ia akan santun & takut kepada Allah. Inilah buah ilmu yg mesti ditemukan para pencari ilmu, bukan malah menyombongkan diri dengan ilmu yg didapat.

(Sayyidil Habib Ali Zainal Abidin Al Jufri)

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close