Takut : Buah Ilmu


Takut : Buah Ilmu

Kita jg mengetahui bahwa menyombongkan ilmu agama adalah salah satu bentuk kebodohan. Orang yg belajar ilmu mestinya takut. Tanda orang yg belajar ilmunya berhasil adalah bertambahnya rasa takut kepada Allah. "Sesungguhnya yg takut kepada Allah diantara hamba2Nya hanyalah ulama" (QS. Fathir : 28). Tanda bahwa hakikat ilmu sudah diraih adalah munculnya perasaan takut.

Ada bentuk ilmu, ada hakikat ilmu. Bentuk ilmu adalah menghafal ayat, hadits, hukum fikih dll. Ini bentuk ilmu. Adapun hakikat ilmu adalah niat yg benar, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah, mengamalkan tuntutannya & tumbuh perasaan takut bahwa ilmunya justru menjadi hujjah untuk menjatuhkan dirinya pada hari kiamat nanti. Allah menghisab orang bodoh satu kali & orang berilmu seribu kali. Dia berfirman, "Orang bodoh yg tak beramal celaka satu kali, sementara orang alim yg tak beramal celaka seribu kali."

(Sayyidil Habib Ali Zainal Abidin Al Jufri)

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close