Tanda Keimanan Menurut Syekh Ibnu Arabi


TANDA KEIMANAN MENURUT SYEKH IBNU ARABI

Dalam kitab Al-Washaya li Ibn 'Arabi disebutkan:

Dzun-Nun Al-Mishri mengatakan, "Tiga di antara tanda-tanda keimanan adalah: kalbu merasa pilu atas musibah yang menimpa Kaum Muslimin, mengorbankan kesetiaan kepada mereka dengan menahan kepahitan prasangka buruk mereka dan menunjukkan mereka kepada kebaikan, meskipun mereka tidak menghiraukan dan membencinya."

Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Salamah berkata, "Dzun-Nun Al-Mishri berwasiat kepadaku, "Janganlah engkau mencari-cari aib orang lain, sedangkan engkau menutupi aib dirimu sendiri. Ingatlah bahwa engkau bukan penjaga mereka."

Kemudian ia berkata lagi, "Hamba-hamba Allah yang lebih dicintai-Nya adalah orang yang paling banyak memenuhi kewajiban kepada-Nya. Dia juga mampu menunjukkan kesempurnaan akal dan ketawadhuaan pikirannya, hal itu mengisyaratkan adanya perhatian yang baik kepada orang yang berbicara, meskipun sebenarnya dia sudah mengetahuinya. Dia juga sangat cepat menerima kebenaran, meskipun datang dari orang di bawahnya, dan dia cepat mengakui kesalahannya jika telah melakukan kesalahan."

----Syekh Ibn 'Arabi dalam kitab Al Washaya' li Ibn 'Arabi

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim
  
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close