Maqam Cinta Yang Luar Biasa Dari Seorang Anak Kecil Kepada Rasulullah SAW


MAQAM CINTA YANG LUAR BIASA DARI SEORANG ANAK KECIL KEPADA RASULULLAH SAW

Terjadi satu kisah di zaman Al-Imam Asy-Syeikh Abdurrahman Ad-Diba'i, Shohibul Maulid Ad-Diba'i.

Ketika sedang berkumpul dengan orang di kota Zabid (ujung kota Yaman) untuk berziarah ke makam Sayyidina Muhammad SAW di kota Madinah.

Jarak perjalanannya membutuhkan waktu selama 2 minggu. Ketika rombongan tadi hendak bergerak ke kota Madinah datang seorang anak kecil sekitar 8 tahun, wahai syeikh aku hendak ikut ziarah ke makam Nabi SAW.

Tapi permintaan anak kecil itu tidak diizinkan oleh syeikh, karena kau nanti membuat susah, orang hendak ke sini kau hendak kesana.

Lalu syeikh bertanya kepada anak kecil itu, kenapa kau sangat ingin ikut. Lalu anak itu berkata wahai syeikh percayalah "Aku sangat rindu dengan Rasulullah". Namun dijawabnya, ''Sudahlah kau tetap tak boleh ikut.''

Maka berjalanlah rombongan tadi menuju kota Madinah untuk berziarah kepada Rasulullah SAW. Setibanya di kota Madinah tepatnya dimakamnya Sayyidina Muhammad SAW, terkejutlah Syeikh Abdurrahman Ad-Diba'i karena melihat anak kecil itu ada dihadapannya.

''Wahai anak kecil, dari mana kau datang. Bagaimana kau bisa ikut.''

''Ketika kalian berangkat, aku masuk dalam kotak/peti ikut bersama rombongan ziarah ke makam Sayyidina Muhammad SAW.''

''Kata Syeikh aku tidak heran kalau kau masuk peti, tapi selama 2 minggu kau makan dan minum dari mana, tidak makan dan tidak minum.''

''Wahai syeikh sungguh aku dilupakan dari makan dan minum karena sangat rindu kepada Nabi SAW''.

Anak kecil tadi pun bertanya; ''Wahai syeikh apakah benar tanah ini pernah di pijak Rasulullah?''

Kata syeikh ''ya'.' Kemudian anak tersebut mengambil tanah itu lalu diciumnya tanah tersebut, terus anak kecil itu tiba-tiba roboh seakan-akan pingsan.

Rupanya anak kecil itu telah wafat. Anak kecil itu di kebumikan di luar kota Madinah karena orang luar. Kemudian kesemuanya terus mengerjakan umrah.

Saat pulang, syeikh teringat kepada anak tadi, lalu datang menziarahi makam anak itu.

Ketika syeikh melihat keadaan makam itu, menjadi bingung. Karena kubur itu diluar kota Madinah tapi berangsur-angsur bergeser masuk kota Madinah mendekati makam Sayyidina Muhammad Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam. Maka menangislah Al-Imam Syeikh Abdurrahman Ad-Diba'i. Sampai sekarang makam tersebut masih ada dan makam tersebut ada di seberang Masjid Nabawi.

''Wahai anak kecil betapa hebat dan mulianya engkau, sewaktu kecil kau rindu hendak ziarah ke makam Sayyidina Muhammad Rasulullah SAW, dan sewaktu kau wafat kau juga rindu kepada Rasulullah...''

Al-Imam Syeikh Abdurrahman Ad-Diba'i pun menangis di dalam rumahnya “Aku ini adalah seorang imam tapi aku malu melihat kecintaan seorang anak yang sangat mencintai Rasulullah SAW" . Dan sang Imam pun menulis riwayat perjalanan anak kecil tersebut di Maulidnya.

Betapa hebatnya cinta anak kecil kepada Al-Musthafa Sayyidina Muhammad Sallallahu Alaihi Wa Sallam. Lalu bagaiamana dengan kita ??  Yakinkah hati yg kotor ini dipenuhi dengan kecintaan kepada Rasulullah SAW seutuhnya ? Tidakkah kita malu dengan seorang anak kecil mmpunyai kecintaan yg luar biasa kepada Rasulullah SAW ? Dosa apa yg telah mmbauat kita melupakan Manusia Termulia , Sayyidinaa Muhammad SAW ? Tidakkah kita sadar siapa yg telah mendo'akan kita setiap malam dan siang, menangis kepada Allaah agar kita diampuni oleh Allaah ? Kita hanya asyik berbuat dosa , namun taukah kalian ? Dibalik perbuatan dosa kita , ada manusia yg menangis tidak mau ummatnya terus menerus berbuat dosa ? 

Semoga Allaah jadikan hati yang kotor ini dipenuhi dengan kecintaan kepada Allaah dan Rasul-Nya serta apa yg Allah dan Rasul-Nya cintai , Agar kelak kita dapat bersama-sama duduk disamping Baginda Nabi Muhammad SAW ...  Aaaamiin Yaa Allaah

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close