Maqam Auliya Tidak Memberi Kuasa Apa-Apa, Tapi Kenapa Di Ziarahi?


MAQAM AULIYA TIDAK MEMBERI KUASA APA-APA, TAPI KENAPA DI ZIARAHI?

Ada yang bertanya, “kenapa ziarah maqam Aulia?? sedangkan ia tiada memberi kuasa apa-apa dan tempat meminta hanya pada Allah..!”

Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz menjawab:

Benar wahai saudaraku aku juga sama pegangan denganmu bahwa mereka tidak mempunyai kekuasaan apa-apa. Tetapi sedikit perbedaan aku dengan dirimu, kerana aku lebih senang menziarahi mereka karena bagiku mereka tetap hidup dalam membangkitkan jiwa yang mati ini kepada cinta Tuhan. 

Tapi aku juga heran, kenapa engkau tidak melarang ku menziarahi ahli dunia, mereka juga tidak ada kuasa malah mematikan hati yang hidup bagiku, mereka mayat yang berjalan, kediaman mereka adalah pusara yang tiada membangkitkan jiwa pada cinta Tuhan. Kematian dan kehidupan disisi Allah adalah jiwa. 

Banyak mereka yang dilihat hidup tapi sebenarnya mati, banyak mereka yang dilihat mati tapi sebenarnya hidup, banyak yang menziarahi pusara terdiri dari orang yang mati sedangkan dalam pusara itulah orang yang hidup. 

Aku lebih senang menziarahi maqam kekasih Allah dan para syuhada walaupun hanya pusara, tetapi ia mengingatkan aku akan kematian kerena ia mengingatkan aku bahwa hidup adalah perjuangan. Karena aku dapat melihat jiwa mereka ada kuasa cinta yang hebat sehingga mereka dicintai oleh Tuhan Nya lantaran Kebenarannya cinta. Wahai saudaraku, ziarah maqam Aulia karena pada maqam mereka ada cinta, lantaran Cinta Allah pada mereka seluruh tempat persemadian mereka dicintai Allah. Cinta tiada mengalami kematian, ia tetap hidup dan terus hidup dan akan melimpah kepada para pencintanya, Aku berziarah karena sebuah cinta mengambil semangat mereka agar aku dapat mengikuti mereka dalam mujahadahku, mengangkat tangan disisi maqam mereka bukan meminta kuasa dari mereka, tapi memohon kepada Allah agar aku juga dicintai Allah sebagaimana mereka dicintai Allah.

*****

هذه القصيدة سلام الله ياسادة
Salamullahi Ya Saadah (Qosidah ziarah maqam Auliya) Qasidah ini diciptakan oleh Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad. Qosidah ini biasa dibaca oleh para peziarah qubur di maqam para Auliya.

سلام الله يا ساده ، من الرحمن يغشاکم
Salâmullâhi yâ sâdah minar-Rohmâni yaghsyâkum

عباد الله جئناکم ، قصدناکم طلبناکم
‘Ibâdallâhi ji,nâkum qoshodnâkum tholabnâkum

تعينونا تغيثونا ، بهمتکم وجدواکم
Tu’înûnâ tughîtsûnâ bihimmatikum wa jadwâkum

فاحبونا واعطونا ، عطاياکم هداياکم
Fa ahbûnâ wa a’thûnâ ‘athôyâkum hadâyâkum

فلا خيبتموا ظنی ، فحاشاکم وحاشاکم
Falâ khoyyabtumû dhonnî fahâsyâkum wahâsyâkum

سعدنا إذ اتيناکم ، وفزنا حين زرناکم
Sa’idnâ idz ataynâkum wa fuznâ hîna zurnâkum

فقوموا واشفعوا فينا ، إلی الرحمن مولاکم
Faqûmû wasyfa’û fînâ ilâr-rohmâni mawlâkum

عسی نحظی عسی نعطی ، مزايا من مزاياکم
‘Asâ nuhdhô ‘asâ nu’thô mazâyâ min mazâyâkum

عسی نظره عسی رحمه ، تغشانا وتغشاکم
‘Asâ nadhroh ‘asâ rohmah taghsyânâ wa taghsyâkum

سلام الله حياکم ، وعين الله ترعاکم
Salâmullâhi hayyâkum wa ‘ainullâhi tar’âkum

وصلی الله مولانا ، وسلم ما اتيتاکم
Wa shollâllâhu mawlânâ wasallama mâ atainâkum

علی المختار شافعينا ، ومنقذنا وإياکم
‘Alâl mukhtâri syâfi’înâ wa munqidzinâ wa iyyâkum

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim
   
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close