Boleh Tidak Santri Membangun Pesantren ?

 


BOLEH TIDAK SANTRI MEMBANGUN PESANTREN ?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Negara ini disebut-sebut sebagai Negara muslim terbesar di Dunia, Karena mayoritas keyakinan penduduk Indonesia adalah beragama Islam. Oleh sebab itu, Tak heran... Banyak pesantren salafy maupun modern yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun... Saat ini banyak pesantren yang berdiri bukan karena perintah dari gurunya, melainkan atas kemauannya sendiri. Oleh sebab itu banyak santri-santri yang notabene " memiliki uang " membangun pesantren dengan mudah.

Namun tahukah kamu? bahwa membangun pesantren itu tidak boleh sembarangan. Hanya karena memiliki uang lantas kamu berhak membangun pesantren dengan sesukai hati.

Seperti yang dikutip melalui akun facebook KH. Abdi Kurnia Djohan, Bahwa ada cerita yang dimana seseorang bertanya kepada Kiyai Abdi mengenai niatan untuk membangun pondok pesantren. Dan jawaban tersebut cukup simpel dan eksplisit.

Jawabannya : " Belum ada perintah dari Guru ? "

Selengkapnya, silahkan simak tulisan yang dibagikan oleh KH. Abdi Kurnia Djohan melalui laman facebook pribadinya :

T: taz, kok gak bikin pesantren?

S: belum ada perintah dari guru?

T: lho kok begitu?

S: khan ilmu yg saya ajar asalnya dari guru, bukan hasil mengarang diri saya...

T: gak usahlah pakai begitu-begitu

S: ilmu agama itu hak ciptanya ada di Allah dan diberikan hak siarnya kepada Rasulullah. Para ulama yang memegang hak siar itu berdasarkan sanad ilmu (sunnah) yang sampai ke Rasulullah. Kita minta hak siar ilmu itu kepada para ulama atau mereka yang secara tulus memberikannya kepada kita. Jadi, jika saya bikin pesantren tanpa restu guru itu artinya kita melakukan pembajakan atas ilmu. Walaupun yang disampaikan itu ilmu agama, motif dari pembajakan itu adalah nafsu bukan restu dan ridho dari guru. Maka, lihat saja perbedaan pesantren yang dibangun atas restu guru dan pesantren yang dibangun atas restu sponsor. Keberkahannya berbeda. Yang satu ada keramatnya, dan yang satu lagi banyak keramasnya...  

$ads={1}

Baca Juga : 

Tujuh Do'a Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah

IJAZAH KEHAMILAN

Bersabar Terhadap Gangguan Oleh Al Habib Umar bin Hafidz

Source : Postingan Facebook KH. Abdi Kurnia Djohan

Ditulis oleh : Admin Rumah-muslimin

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close