Profil Divisi Bank Sampah Majelis Rasulullah SAW


PROFIL DIVISI BANK SAMPAH MAJELIS RASULULLAH SAW

LATAR BELAKANG

Bank Sampah MR berdiri atas keinginan Crew MR untuk menanamkan kesadaran kepada Jam’aah untuk tidak membuang sampah secara sembarang dan menjaga kebersihan lingkungan, karena kebersihan juga merupakan ajaran dari Nabi Muhammad SAW.

Sekumpulan Crew kemudian mengumpulkan sampah botol plastik yang dibuang oleh Jama’ah disetiap majelisnya, mengkampanyekan gerakan kebersihan kepada Jama’ah. Berawal dari sini, para Crew melihat adanya potensi yang dapat diambil apabila sampah-sampah ini dikelola dengan baik.

Sampah yang dikumpulkan akan dipilah untuk kemudia dijual dan didaur ulang menjadi barang ekonomis. Hasil keuntungan yang didapatkan dari pengumpulan sampah ini kemudian dimanfaatkan untuk membantu pergerakan dakwah Majelis Rasulullah SAW, maka tercetuslah gerakan " Beramal dengan sampah".

Gerakan inipun kemduian disampaikan kepada Dewan Syuro Majelis Rasulullah SAW dan syukur Alhamdulillah gerakan ini didukung dan di ridhoi.

$ads={1}


Dengan modal semangat dan dukungan tersebut, kami mengajak Jama'ah untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, selain menjaga lingkungan dari sampah kita dapat beramal dengannya.

TUJUAN

Menumbuhkan kesadaran Jama'ah akan pentingnya menjaga kebersihan
Menjaga nama baik Majelis Rasulullah SAW.

Mengenalkan dan mengajak Jam'ah bahwa mereka dapat beramal tanpa uang, yaitu dengan cara mengumpulkan Sampah-Sampah yang bernilai ekonomi untuk kemudian akan di daur ulang.

MANFAAT

Aspek Lingkungan, Yaitu membantu Pemerintah dalam mengurangi volume sampah dan merubah cara pandang serta prilaku Jama'ah terhadap sampah, minimal Jama'ah tidak membuang sampah disembarang tempat sehingga mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Aspek Sosial, Yaitu memunculkan rasa kepedulian dan keinginan Jama'ah untuk mengelola sampah

Aspek Pendidikan, Yaitu pendidikan lingkungan terutama pada pengelolaan sampah dan mengenalkan manfaat dari pengelolaan sampah.

Aspek Pemberdayaan, yaitu pemberdayaan Jama'ah dan lingkungan Jama'ah dalam pengelolaan sampah.

Aspek Ekonomi Kerakyatan, Yaitu pemberdayaan pada sistem menabung sampah dan menambah lapangan kerja baru dan pendapatan akibat dari pengelolaan sampah.

Aspek Akhirat, Yaitu sebagai ladang amal atas sampah yang dikumpulkannya dan pemanfaatannya untuk pergerakan dakwah Majelis Rasulullah SAW

MOTTO
  1. 1. Beramal Tanpa Uang
  2. 2. Beramal dengan Sampah
  3. 3. Sampahmu, Amalan Akhiratmu
  4. 4. Kumpulkan, Serahkan, Sumbangkan
VISI DAN MISI BANK SAMPAH MAJELIS RASULULLAH SAW

VISI

" Menggerakan semangat komunitas MR untuk turut membantu pergerakan dakwah MR walaupun dengan hal kecil, seperti beramal dengan sampah "

MISI
  • Sosialisasi Bank Sampah Melalui Media Sosial
  • Melakukan pengumpulan sampah yang bisa didaur ulang dari Jama'ah disetiap Majelis/event
  • Membuat Souvenir dari sampah
REGULASI BANK SAMPAH MAJELIS RASULULLAH SAW
  • Undang-undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
  • Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 13 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan Reduce, Reuse dan Recycle melalui Bank Sampah Majelis Rasulullah SAW
Sumber : Divisi Bank Sampah Majelis Rasulullah SAW

Wallahu a'lam Bishowab
 
Allahuma Sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close