Al-Qur'an Selalu Menyajikan Narasi Yang Menarik Ketika Berbicara Tentang Fakta Sejarah

AL-QUR'AN SELALU MENYAJIKAN NARASI YANG MENARIK KETIKA BERBICARA TENTANG FAKTA SEJARAH

Oleh : KH. Abdi Kurnia Djohan

Al-Qur'an selalu menyajikan narasi yang menarik ketika berbicara tentang fakta sejarah. Dengan uslub (gaya bahasa) ithnab (mengulang-ulang makna dengan diksi berbeda) dan ijaz (meringkas), al-Qur'an seperti menyimpan informasi yang bisa dibongkar melalui pendekatan tafsir (interpretasi). 

Baca Juga : 

Tujuh Do'a Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah

Di antara fakta sejarah yang dengan apik dinarasikan al-Qur'an adalah fakta tentang penjajahan yang dialami oleh Bani Israel (keturunan Ya'kub) di Mesir pada masa Nabi Musa. Fakta itu disajikan sebagai berikut: 

(وَإِذۡ نَجَّیۡنَـٰكُم مِّنۡ ءَالِ فِرۡعَوۡنَ یَسُومُونَكُمۡ سُوۤءَ ٱلۡعَذَابِ یُذَبِّحُونَ أَبۡنَاۤءَكُمۡ وَیَسۡتَحۡیُونَ نِسَاۤءَكُمۡۚ وَفِی ذَ ٰ⁠لِكُم بَلَاۤءࣱ مِّن رَّبِّكُمۡ عَظِیمࣱ)

Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir‘aun dan) pengikut-pengikut Fir‘aun. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu.

[Surat Al-Baqarah 49]

$ads={1}

Baca Juga : 

IJAZAH KEHAMILAN

Bersabar Terhadap Gangguan Oleh Al Habib Umar bin Hafidz

Di dalam ayat itu, al-Qur'an tidak menampilkan Fir'aun (Ramses II) sebagai satu-satunya aktor yang menindas Bani Israel. Al-Qur'an seperti menyimpan pesan bahwa meskipun kekuasaan dijalankan terpusat di satu tangan, ia tetap membutuhkan sistem yang mendukung berjalannya kekuasaan, atau yang dinamakan dengan rezim.

Wallahu a'lam Bishwoab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close