Cara Menggapai Keutamaan Bulan Rajab dan Amalan yang dikerjakan didalamnya

CARA MENGGAPAI KEUTAMAAN BULAN RAJAB DAN AMALAN YANG DIKERJAKAN DIDALAMNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Haram sebagaimana yang disabdakan Oleh Nabi Muhammad SAW :

"Sesungguhnya zaman ini telah berjalan (berputar), sebagaimana perjalanan awalnya ketika Allah menciptakan langit dan bumi, yang mana satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga bulan yang (letaknya) berurutan, yaitu Dzulkaidah, Dzulhijah, dan Muharam. Kemudian Rajab yang berada di antara Jumadil (Akhir) dan Syaban."

(HR Bukhari dan Muslim)

Bukan hanya dijelaskan pada Hadits Nabi SAW saja. Namun didalam Al-Qur'an pun Allah berfirman didalamnya :

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Baca Juga: Pesan Guru Mulia Al-Habib Umar Bin Hafidz Untuk Bulan Rajab

(QS: at-Taubah: 36)

Al Habib Umar bin Hafidz ditanya mengenai : " Bagaimana cara menanggapi keutamaan bulan Rajab? Dan apa yang seyogyanya dikerjakan pada bulan tersebut?

$ads={1}

Berikut jawabannya :

Al Habib Umar menjawab :

Sayyidina  Ali bin Abi Thalib ra mengosongkan waktunya untuk beribadah di malam pertama bulan Rajab, dan ia adalah malam penuh keutamaan dari malam-malam dan termasuk dari malam-malam yang diriwayatkan di ijabahanya doa didalamnya.

Dalam hadits shahih Rasulullah SAW puasa di bulan Rajab, beliau juga memuliakannya, menghormatinya dan mengagungkannya. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hasan Ali bin Muhammad Arrib'i dengan sanad perawi yang kuat bahwa 'Urwah bertanya kepada Abdullah bin Umar ra "Apakah Rasulullah SAW puasa Rajab?" Ia menjawab "Iya, dan memuliakannya"

Puasa di bulan Rajab dan memuliakan bulan yang penuh kemuliaan. Diberi nama alfard (yang tunggal) di antara bulan-bulan haram. Dalam hadits "Perbanyaklah oleh kalian di bulan Rajab dari membaca istigfar, karena di setiap waktu di bulan Rajab ada yang dibebaskan oleh Allah swt dari neraka"

Semoga kita menjadi orang-orang khusus yang mendapatkan kemuliaan Rajab, ya Allah berkahilah Rajab dan Sya'ban kami dan sampaikan kami pada Ramadhan, bantu kami untuk puasa dan beribadah

Seyogyanya perbanyak istigfar dan taubat penuh kesungguhan di bulan Rajab

Baca Juga : Wirid Di Bulan Rajab Oleh Al Habib Umar bin Hafidz

Para ulama mengatakan Rajab bulan mencocok tanam, Sya'ban bulan menyiram dan Ramadhan bulannya panen. Orang yang tidak mencocok tanam apa yang mau disiram? Orang yang tidak mencocok tanam, tidak menyiram, lalu apa yang akan ia panen ?

maka inilah bulan Rajab untuk bercocok tanam :

- Istigfar dan taubat kepada Allah

- Tekad yang kuat untuk fokus ibadah kepada Allah

- Peduli kepada saudara dan tetangga

- Ambil bagian bersedekah di bulan Rajab

- Berpuasa di bulan Rajab meskipun hanya tiga hari, jika memang tidak bisa lebih banyak

- Siapa yang mampu sembelih kambing semata-mata karena Allah di Rajab itu adalah ('atirah), sebagaimana di bulan zulhijjah (Udhiyah) di Rajab namanya ('atirah)

(Hak yang ditunaikan bagi penghuni rumah sembelih seekor kambing di Rajab dan seekor kambing di 'Ied Adha) sesuai dengan kemampuan

- Dan malam pertama bulan rajab didalamnya penuh dengan fadhl (karunia), kemudian didalam bulan rajab ada peringatan isra mi'raj yang di dalamnya banyak pelajaran, dan menurut pendapat yang paling banyak bahwa isra mi'raj terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Sumber : www.majelisrasulullah.org

Demikian Artikel mengenai " Cara Menggapai Keutamaan Bulan Rajab dan Amalan yang dikerjakan didalamnya

Semoga bermanfaat untuk para pembaca

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close