Kiai Mahrus Aly Lirboyo Tidak Tahu Bahwa Tamunya Adalah Nabi Khidir

KIAI MAHRUS ALY LIRBOYO TIDAK TAHU BAHWA TAMUNYA ADALAH NABI KHIDIR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kiai Mahrus Aly Lirboyo dikenal sebagai ulama yang alim dan sakti. Keilmuan Kiai Mahrus diakui semua ulama di Nusantara. Santri-santrinya menjadi ulama besar yang menjadi tokoh masyarakat dan mendirikan pesantren. Di balik kealimannya, Kiai Mahrus juga dikenal kiai yang sakti. Di masa penjajahan dan awal kemerdekaan, Kiai Mahrus turut serta dalam perjuangan melawan penjajah.

Baca Juga :

Kisah Mbah Moen Beli Makanan Di Warung Non Muslim

Habib Umar bin Hafidz : Sekilas Mengenai Kehidupan Imam Syafi'i

Karena pribadinya yang sangat istimewa, Kiai Mahrus Aly kemudian diambil menantu oleh gurunya, yakni Mbah Kiai Abdul Karim, pendiri Pesantren Lirboyo Kediri. Kiai Mahrus kemudian melanjutkan kepemimpinan Pesantren Lirboyo bersama putra menantu Mbah Karim lainnya, yakni Kiai Marzuqi Dahlan. Kiai Marzuqi selain dikenal sosok yang luas ilmunya, juga sosok yang sangat tenang kepribadiannya. Baik Kiai Mahrus dan Kiai Marzuqi dikenal sosok waliyullah yang masyhur.

$ads={1}

Pada suatu kesempatan, Kiai Mahrus mau berkunjung di kediaman Kiai Marzuqi Dahlan. Walaupun rumahnya berdekatan, tapi keduanya sosok yang saling menghormati dan menyayangi.

“Zam, aku pernah kecolongan Nabi Khidir.” Kata Kiai Mahrus Aly kepada Kiai Hasan Zamzami, salah satu pengasuh Pesantren Lirboyo.

“Aku punya masalah penting yang harus tak sowankan kepada Kiai Zuqi (Kiai Marzuqi Dahlan Lirboyo). Pas sowan beliau, ndilalah pas ada tamu. Tak tunggu lama, tamunya gak pulang-pulang, padahal masalahku harus saya ceritakan khusus kepada Mbah Zuqi.”

“Hatiku membatin, ‘Tamu kok lama sekali, gak pulang-pulang..” kata Kiai Mahrus.

“Tidak lama kemudian tamunya pergi. Saat ketemu Kiai Zuqi, Beliau berkata: “Itu tadi Nabi Khidir, Yai.”

“Langsung kaget aku. Hatiku membatin, “wah kecolongan Nabi Khidir aku”.

“Orang yang ditemui Nabi Khidir itu adalah orang yang alim, zuhud, dan wira’i.” puji Kiai Mahrus Aly kepada Kiai Marzuqi Dahlan.

Informasi ini disampaikan Kiai Hasan Zamzami, salah satu Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri.

Baca Juga :

KH. Hasyim Asy'ari Mengambil Cincin Gurunya dari Lubang WC 

Begitulah sosok Kiai Mahrus Aly dan Kiai Marzuqi Dahlan. Keduanya sosok ulama panutan. Ilmunya luas, akhlaqnya luhur, dan penuh kasih sayang kepada santri dan masyarakat. Tidak salah kemudian kalau Lirboyo kemudian melahirkan banyak ulama yang luar biasa, setia menemani masyarakat dan tak kenal lelah mendakwahkan Islam yang penuh kasih sayang kepada semua sesama manusia.

Demikian kisah Kiai Mahrus Aly Lirboyo Tidak Tahu Bahwa Tamunya Adalah Nabi Khidir, semoga bermanfaat.

(Abu Umar)

Sumber : www.bangkitmedia.com

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close