Awal Kisah Kenapa Tarim Menjadi Kiblat Menuntut Ilmu Oleh Pelajar Seluruh Dunia

AWAL KISAH KENAPA TARIM MENJADI KIBLAT MENUNTUT ILMU OLEH PELAJAR SELURUH DUNIA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Artikel ini mengisahkan bagaimana perjuangan dakwah yang dilakukan oleh Ayahanda Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz ketika di zamannya. Kisah ini bisa dibilang sangat terkenal di Tarim..

50 Tahun lalu pemerintahan komunis Yaman berkuasa takala itu. Madrasah-madrasah di tutup, pengajian di larang, para Habaib disakiti, disiksa, di penjara dan dibunuh.

$ads={1}

Jalanan Tarim dipenuhi tulisan:

“Tidak Ada Tuhan ! Hidup Adalah Materi !”

Banyak ulama yang memilih diam, tak sedikit juga yang memilih hijrah ke luar Hadhramaut. Tapi tidak dengan Habib Muhammad, Ayahanda Habib Umar yang menjadi Mufti Tarim di saat itu. Beliau bersikukuh untuk tetap mengajar, berdakwah dan memperjuangkan Syariat Rasulullah SAW.

Baca Juga: Kisah Mbah Moen Beli Makanan Di Warung Non Muslim

Pernah ketika beliau Haji, salah satu Ulama Makkah berkata padanya: “Wahai Habib, janganlah engkau kembali ke Tarim. Tinggallah bersama kami di sini. Kami khawatir akan keselamatanmu.”

Habib Muhammad menjawab: “Dulu para sahabat keluar dari Madinah ke seluruh penjuru bumi untuk mencari mati syahid. Sedangkan sekarang kesyahidan datang kepada di Tarim. Apakah kau pikir aku akan lari darinya?

Jika aku tinggalkan Tarim, siapa yang akan memperjuangkan dakwah di sana nanti?”

Tepat di hari Jumat, 29 Dzulhijjah 1392 H, beliau diculik dan dibunuh oleh pemerintah komunis. Habib Umar yang saat itu berusia 9 tahun menangis kebingungan mencari sang ayah. Tetapi jasad beliau tak pernah ditemukan sampai saat ini.

$ads={2}

Mereka kira, mereka telah berhasil melenyapkan cahaya Islam dengan membunuh Beliau.

Tapi mereka keliru. Apa yang mereka lakukan justru adalah awal dari menyebarnya cahaya Tarim keseluruh penjuru dunia. Mereka sama sekali tak pernah bisa membunuh niat tulus dan cita-cita agung Habib Muhammad untuk menyebarkan cahaya Rasulullah SAW di seluruh muka bumi.

Kini 48 tahun setelah kesyahidan Beliau. Tarim yang dulu hanyalah kota kecil di pelosok Yaman telah menjadi salah satu kiblat bagi para pelajar dari seluruh dunia.

Baca Juga: Habib Umar bin Hafidz : Sekilas Mengenai Kehidupan Imam Syafi'i

Mereka datang dari puluhan negara untuk menimba ilmu dari putra beliau dan ulama lainnya. Sebuah fenomena yang tak pernah ada di Tarim sebelumnya.

Ketulusan, air mata dan pengorbanan Habib Muhammad tak pernah terbuang sia-sia.

Oleh : Al Habib Quraisy Baharun, Cirebon.

Demikian Artikel " Awal Kisah Kenapa Tarim Menjadi Kiblat Menuntut Ilmu Oleh Pelajar Seluruh Dunia "

Semoga bermanfaat bagi para pembaca...

Editor : Hendra.S

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Tonton Kisah lengkapnyaAwal Kisah Kenapa Tarim Menjadi Kiblat Menuntut Ilmu Oleh Pelajar Seluruh Dunia " melalui video di bawah ini :

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close