Kisah Habib Umar Tak Mengenal Lelah Dalam Berdakwah

KISAH HABIB UMAR TAK MENGENAL LELAH DALAM BERDAKWAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Habib Umar bin Hafidz memang dikenal sebagai sosok yang tidak ingin menyia-nyiakan waktu, meski hanya satu detik, semua waktunya seakan hanya beliau persembahkan untuk mengajar dan berdakwah.

Bahkan dalam perjalanan pun beliau selalu menyibukkan diri dengan aktifitas-aktifitas positif, (selain berdzikir dan membaca Al-Quran) yang paling sering adalah mengadakan pembacaan kitab-kitab, dalam mobil, bandara, bahkan di pesawat pun beliau selalu meminta murid-murid atau keluarga yg mendampinginya untuk membaca sebuah kitab, lantas akan beliau syarahkan isinya, bukan hanya musolla atau masjid saja, mobil, airport hingga pesawat beliau “sulap” menjadi majlis Ilmu.

كل نفس من انفاسك جوهرة لا قيمة لها

“Setiap nafas kehidupanmu adalah permata yg tak bisa dihargai dengan apapun.”

Hikmah Imam Ghozali ini sepertinya benar-benar beliau aplikasikan dalam kehidupannya.

$ads={1}

Baca Juga :

Santri Indonesia Curhat Kepada Habib Umar Ketika Ingin Kembali Ke Indonesia

Salah satu muridnya pernah menceritakan pengalaman menariknya saat mendampingi beliau dalam safari dakwahnya di salah satu negara di Asia :

Waktu itu, Kami berangkat pagi-pagi sekali, Jadwal Habib Umar full, kami berpindah dari majlis ke majlis, rumah ke rumah tanpa diselingi istirahat sama sekali, aku begitu letih dan lelah, tapi tidak ada yang berubah dari semangat Habib Umar.

Akhirnya kami kembali ke hotel ketika waktu hampir mendekati tengah malam, sampai di kamar aku langsung merubuhkan diri, aku tertidur pulas, mendekati sepertiga malam aku terbangun dan pergi ke toilet, aku kembali ke kamar dan masih merasa sangat lelah, saking lelahnya sampai-sampai aku tak sadar bahwa kamar yang aku masuki adalah kamar Habib Umar.. !!

Aku makin tercengang dan tak percaya setelah melihat Habib ternyata belum tidur, ia sedang mengangkat kedua tangannya, berdoa dan terus berdoa, ia larut dalam tangisan dan munajatnya, aku lega, sepertinya beliau sama sekali tak menyadari kehadiranku.

Setengah jam sebelum fajar kami membaca wirid akhir malam dan di pagi hari itu juga Habib melanjutkan aktvitas dakwahnya yg super padat itu.

$ads={2}

Aku jadi teringat akan salah satu pemimpin terbaik sepanjang sejarah Islam, Sayyidina Umar bin Khattab, ketika menjadi Khalifah beliau dikenal jarang sekali tidur dan istirahat, entah itu tidur malam atau hanya sekedar rehat siang, ketika ditanyakan akan hal itu beliau menjawab :

“Bagaimana aku bisa tidur? Jika aku tidur siang aku akan menelantarkan rakyatku, jika aku tidur di malam hari sama saja aku menyia-nyiakan waktuku bersama Allah, Tuhanku.”

Baca Juga :

Sebab Kenapa Habib Ali Al Jufri Jatuh Hati Kepada Al Habib Umar bin Hafidz

Ah.. Mereka para kekasih Allah, resah gundah dan lelah mereka hanya untuk kemaslahatan ummat, bukan seperti kita yang masih sering susah dan galau karena banyaknya dosa dan maksiat.

رب فانفعنا ببركتهم * و اهدنا الحسنى بحرمتهم * و امتنا في طريقتهم * و معافاة من الفتن

Penulis: Muhammad Ismael Amin Kholil, Darul Musthafa, Tarim.

Masya Allah.. begitu luar biasanya totalitasnya Guru Mulia dalam berdakwah.. Tiada sedetikpun diisi dengan perbuatan sia-sia melainkan penuh manfaat dan keberkahan.

Demikian artikel " Kisah Habib Umar Tak Mengenal Lelah Dalam Berdakwah "

Semoga bermanfaat...

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close