Gus Aiz: Selain Budaya, Agama Harus Dihormati

GUS AIZ: SELAIN BUDAYA, AGAMA HARUS DIHORMATI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kasus pelecehan agama mencuat beberapa hari terakhir. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta kasus tersebut tak dibiarkan. “Kondisi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut,” kata Ketua PBNU Kiai Aizzudin Abdurrahman atau Gus Aiz di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis, 22 April 2021.

Gus Aiz menilai intelektual peleceh agama terhadap moderasi keberagamaan di Indonesia sangat rendah. Pelecehan agama disebut tak bakal terjadi bila masyarakat saling menghormati.

Menurut Gus Aiz, toleransi di tengah keberagaman merupakan tanggung jawab bersama. Mulai dari pemerintah, pemangku kepentingan, hingga masyarakat. “Selain budaya, agama adalah salah satu yang harus kita hormati,” tegas dia.

$ads={1}

Gus Aiz menegaskan pemecehan agama tidak dibenarkan dalam ajaran agama apa pun. Sehingga, toleransi menjadi kunci penting menjaga keberlangsungan dan keberagaman di Indonesia.

Sebelumnya, video unggahan Shindy Paul Soerjomoeljono alias Jozeph Paul Zhang viral di kanal Youtube miliknya. Dia mengaku sebagai nabi ke-26 dan menghina Nabi Muhammad SAW.

Paul Zhang juga sesumbar tidak takut dilaporkan ke polisi. Dia menjanjikan uang Rp1 juta bagi mereka yang bisa melaporkannya. Dalam video berdurasi hampir tiga jam tersebut, ia juga melecehkan Allah SWT. Dia juga menyinggung ibadah puasa.

Kasus pelecehan agama lainnya, yakni dosen sebuah perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta, Desak Made Darmawati. Dia dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan pelecehan agama Hindu.

Video berisi ceramah Desak Made Darmawati yang dinilai menistakan agama Hindu menyebar di berbagai platform media sosial. Dalam video, Desak menceritakan pengalamannya menganut agama Hindu beberapa tahun lalu.

Kendati memicu polemik, dosen kewirausahaan itu mengaku tak bermaksud menistakan atau merendahkan ajaran Hindu. Ia telah menyampaikan permintaan maaf pada Sabtu, 17 April 2021. (red)

Sumber : dakwahnu.id

Demikian artikel " Gus Aiz: Selain Budaya, Agama Harus Dihormati "

Semoga bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close