6 Cara Para Alim Ulama Mendidik Anak-anaknya

6 CARA PARA ALIM ULAMA MENDIDIK ANAK-ANAKNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Setiap ulama pasti menginginkan anaknya terdidik dengan baik, sebagaimana didikan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallallahu 'alaihi wa sallam.

Tentu didikan tersebut ada tata caranya, tidak bisa semaunya. Harus dengan tuntunan Al-Qur'an yang baik

Berikut " 6 Cara Para Alim Ulama Mendidik Anak-anaknya "

١.ﺍﻻﻡﻓﻲﺣﺎﻟﺔﺍﻟﺮﺿﺎﻋﺔﺗﻘﺮﺍﺀﻋﻠﻰﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩﺍﻳﺔﺍﻟﻜﺮﺳﻲﻭﺍﻟﻤﻌﻮﺫﺗﻴﻦﻭﺗﻜﺮﺭﻫﻤﺎ.

1.) Memerintahkan pada istri- istri mereka kala menyusui untuk lalu membaca Ayat Kursi, surat Al- Ikhlas, Al- Falaq, serta An- Nas.

$ads={1}

٢.ﺍﻭﻝﻣﺎﻳﻠﻘﻨﻮﻥﺍﻟﻄﻔﻞﻋﻨﺪﺑﺪﺍﻳﺔﺍﻟﻨﻄﻖ(ﺭﺿﻴﺖﺑﺎﻟﻠﻪﺭﺑﺎﻭﺑﺎﻻﺳﻼﻡﺩﻳﻨﺎﻭﺑﻤﺤﻤﺪﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢﻧﺒﻴﺎﻭﺭﺳﻮﻻ)

2.) Pertama kali yang diajarkan pada putra- putri mereka ketika baru dapat bicara ialah kalimat:" Rodhitu billahi Robba Wa bil Islami diina Wa bimuhammadin sholla Allahu‘ alayhi wa sallam Nabiyyan wa Rosuula.

artinya" saya ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam agamaku serta Muhammad ialah Nabi serta Rosulku"

٣.ﺍﻟﺨﺮﻭﺝﺑﺎﻷﻭﻻﺩﺍﻟﺼﻐﺎﺭﺁﺧﺮﺍﻟﻠﻴﻞﺍﻟﻰﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪﺣﺘﻰﻳﻜﻮﻥﻟﻬﻢﻋﺎﺩﺓ

3.) Membiasakan terhadap anak- anak mereka semenjak kecil untuk bangun malam maupun bangun disaat sebelum menjelang waktu Shubuh tiba.

٤.ﻗﺒﻞﺍﻟﻤﻮﺍﺳﻢﺍﻟﺪﻳﻨﺔﻭﻣﻮﺍﺳﻢﺍﻟﻨﻔﺤﺎﺕ،ﻛﺸﻬﺮﺭﻣﻀﺎﻥﻳﺠﻤﻌﻮﻥﺍﻭﻻﺩﻫﻢﻭيسألونهمﻣﺎﺫﺍﺳﻴﻌﻤﻠﻮﻥﻓﻲﻫﺬﺍﺍﻟﻤﻮﺍﺳﻢﻣﻦﺍﻟﺨﻴﺮﻭﺍﻟﺒﺮﻛﻘﺮﺍﺀﺓﺍﻟﻘﺮﺍﻥﻭﺍﻟﺬﻛﺮﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔﻭﻏﻴﺮﻫﺎ

4.) Saat sebelum memasuki Bulan- bulan berkah semacam bulan Ramadhon, mereka mengakulasi anak-anak mereka serta bertanya pada mereka, apa yang hendak kamu kerjakan dibulan yang berkah ini? dari ibadah membaca Al Quran, dzikir, serta amal dan lainnya.

$ads={2}

٥.ﻛﺎﻧﻮﺍﻳﻌﻠﻤﻮﻥﺍﻭﻻﺩﻫﻢﺍﻟﻨﻴﺔﺍﻟﺼﺎﻟﺤﺔﻛﻤﺎﻳﻌﻠﻤﻮﻧﻬﻢﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ

5.) Mereka mengajari anak- anak mereka niat- niat yg baik seperti mana mengajari mereka Surat Al Fatihah.

٦.ﻛﺎﻧﻮﺍﻳﻌﻘﺪﻭﻥﻣﺠﻠﺲﻋﻠﻢﻓﻲﺍﻟﺒﻴﺖﻳﺠﺘﻤﻊﻓﻴﻪﻛﻞﻣﻦﻓﻲﺍﻟﺒﻴﺖﻳﻮﻣﻲﺍﻭﺍﺳﺒﻮﻋﻲﻳﻘﺮﺅﻥﻣﺎﺗﻴﺴﺮﻣﻦﺍﻟﻘﺮﺍﻥﺍﻟﻜﺮﻳﻢ(ﺣﺰﺏ)ﻭﻛﺘﺐﺍﻟﺤﺪﻳﺚﻭﺍﻟﻔﻘﻪﻭﻳﺨﺘﻤﻮنهبالأﺩﻋﻴﺔﻭﺍﻟﺼﻼﺓﻋﻠﻰﺍﻟﻨﺒﻲﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢ

6.) Mereka mengadakan majelis ilmu di rumah, serta melakukan perkumpulan yang ada dirumah, majlis harian ataupun mingguan, mereka membaca Al- Quran ( tadarus) serta kitab hadits dan fiqih serta mereka menutup majelis dengan doa serta solawat pada Nabi Muhammad SAW. 

Demikian Artikel " 6 Cara Para Alim Ulama Mendidik Anak-anaknya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close