Bedah Buku Sejarah Madzahibil Arba'ah (Empat Mazhab Fiqih)

BEDAH BUKU SEJARAH MADZAHIBIL ARBA'AH (EMPAT MAZHAB FIQIH )

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Buku bagus tentang Sejarah Madzâhibil Arba'ah (Empat madzhab Fiqh) di Qatar. 

Saya uraikan sedikit tentang sejarah Madzhab Syafii di Qatar. 

Yang menarik adalah ada yg pernah menjabat sebagai qadhi di Wakra dan al-Khor.

Masuknya madzhab Syafi'i ke Qatar 

Masuknya madzhab Syafi'i ke Qatar bersamaan dengan datangnya Sayyid Ahmad bin Kâsib al-Rifa'i, moyang keluarga Sâdah al-Qâthinîn di Ruwais, Qatar bagian utara, dimana al-Sayyid Ahmad ini merupakan pendiri kota Ruwais kisaran tahun 1101 H - 1117 H.

$ads={1}

Sebagaimana negeri ini mengetahui datangnya keluarga berilmu yang berintisab pada Madzhab Syafi'i, terutama dari Ahsa dan tepi pantai timur teluk Arab. Seorang penyalin kitab "Syarh daf' al-'Asâ al-wâridah li adzkârish shobâh wal masâ" -yang beliau ini merupakan seorang pengikut madzhab Syafi'i di Ahsa- menuturkan pada tepi kitab tersebut tempat menyalinnya. Ia mengatakan:

Telah paripurna (penyalinan kitab ini) di sebuah tempat yang dikenal dengan kota kecil Huwailah, Ummu Qurâ al-Saif, dikenal di negeri Qatar. Kiranya Allah melindungi kami dan penduduknya dari segala ujian dan musibah besar. 

Disalin sekitar akhir abad ke-11 H.

Diantara Ulama Syafi'iyyah terkemuka di Qatar:

1. Sayyid Ahmad bin Kâsib al-Rifa'i (w. 1117 H)

Beliau berasal dari daerah Abil Khasîb, Irak Selatan, dan mendirikan kota Ruwais, Qatar Utara, pada awal abad ke-12 H. Meskipun beliau seorang pengikut madzhab Syafi'i, tetapi beliau juga seorang mujâz (pemegang ijazah) fatwa berdasar dua madzhab imam, Abu Hanifah dan al-Syâfi'i.

2. Sayyid 'Izzuddin bin Ahmad bin Kâsib al-Rifâ'i (Diantara ulama abad ke-12 H).

Beliau belajar pada ayah beliau sendiri, lalu menggantikan ayah beliau dalam fatwa dan mengajar.

3. Syekh Ahmad bin AbdirRahmân Âl Abdil Lathîf (w. 1207 H). 

Beliau berasal dari Ahsâ (KSA kini), tinggal di Zubarah. 

4. Syekh Muhammad bin Ahmad Âl AbdilLathîf (w. 1221 H).

Beliau berasal dari Ahsâ, tinggal di Zubarah.

5. Sayyid Abdul Jalîl bin Yâsîn al-Thabthabâ-i (1270 H)

Beliau lahir di Basrah dan tinggal di Zubarah. Setelah rumah beliau roboh, beliau meninggalkan Zubarah dan pergi ke Kuwait hingga akhirnya wafat di Kuwait.

6. Sayyid Muhammad bin Khalifah al-Sâdah (hidup tahun 1359 H).

$ads={2}

Pendiri kota al-Mufîr, Qatar bagian Timur Laut. Syekh Abdullah bin Jâsim Al Tsani menunjuk beliau sebagai Qadhi daerah bagian Utara. Dan beliau dimintai fatwa penduduk Qatar dan Bahrain.

7. Syekh Ya'qub bin Yusuf Al Ibrahim al-Tamîmi  (1375 H). 

Lahir di al-Ghâriya, Qatar. Beliau menempuh perjalanan jauh menuntut ilmu hingga ke Ahsa, Basrah, Baghdad, Syam, Mesir, Sulaimaniyyah, dan Istanbul. Lalu, beliau melanjutkan ke negeri mâ warâ-an nahâr (Transoxiana), seperti Bukhara dan Tashkent. Setelah beliau tiba kembali di Qatar dari perjalanan jauh menuntut ilmu ini selama sekitar 20 tahun, beliau memegang jabatan Qadhi Wakra atas perintah Syekh Qasim bin Muhammad Al Tsani. Kemudian, beliau pindah ke Jubail dan menjabat sebagai Qadhi di sana atas perintah Malik Abdul Aziz bin AbdirRahmân Al Saud hingga wafat.

8. Syekh Ibrahim bin Abdillâh al-Anshâri (1380 H). 

Belajar pada Sultanul Ulama di Lanjah, tepi pantai Fâris (Iran), Syekh AbdurRahman bin Mulla Yusuf al-Khâlidi. Dan menyelesaikan studi di Madrasah Rahmaniyyah. Madrasah ini terbilang diantara madrasah madzhab Syafii termasyhur di daerah tersebut.

Beliau juga belajar ilmu falak pada Syekh AbdirRahman bin Muhammad al-Qadhi al-'Adsâni al-Ahsâ-i. 

Syekh Qâsim bin Muhammad Al Tsani mengangkat beliau sebagai Qadhi al-Khor dan  daerah bagian Utara. 

Beliau seorang alim mausu'i (ensiklopedis), memiliki hubungan dan surat-menyurat ilmiah dengan ulama di masanya.

9. Syekh Husain bin Shâlih al-Sâdah (w. 1404 H)

Belajar di Ruwais lalu melanjutkan studi ke Ahsa dan Bahrain. Beliau seorang alim, zahid, abid, banyak berzikir dan beribadah sebagaimana aktifitas beliau penuh dengan mengajar hingga wafat.

10. Syekh Abdullah bin Ibrahim al-Anshari (w. 1410 H). 

Pendiri ma'had pendidikan agama pertama di Qatar. Beliau menjabat di bagian administrasi/manajemen Ihyâut turâts. Beliau mempunyai andil besar dalam penerbitan dan percetakan kitab-kitab ilmiah, meskipun nama beliau tidak masyhur dan tenar di masanya. Beliau mengajar dua madzhab, Syafi'i dan Ahmad bin Hanbal.

11. Syekh Ahmad bin Hajar Al Buthami al-Ban'ali (w. 1423 H).

Beliau menjabat sebagai Qadhi di Qatar. Seorang alim, ensiklopedis, keajaiban di masanya. Beliau mempunyai banyak karya tulis dalam beragam fan syari'ah.

Oleh : Kyai Nur Hasim

Demikian Artikel " Bedah Buku Sejarah Madzahibil Arba'ah (Empat Mazhab Fiqih) "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close