Ciri Khas Ibadah Masjid-Masjid ke-4 Imam Mazhab Ketika di Bulan Ramadhan

CIRI KHAS IBADAH MASJID-MASJID KE-4 IMAM MAZHAB KETIKA DI BULAN RAMADHAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Islam terbagi menjadi 73 golongan menurut sabda Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam.

Pemahaman yang diikuti ataupun dijalankan oleh umat islam saat ini, yaitu berpegang pada 4 Imam Mazhab. yaitu Mazhab Hambali, Maliki, Hanafi dan Syafi'i. 

Ke-empat mazhab tersebut merupakan imam-imam besar islam yang menjadi dasar rujukan dalam pengimplementasian hukum-hukum dan syariat agama islam. Setiap imam memiliki karakteristik dan perspektif yang berbeda-beda terhadap hukum / syariat / fikih. 

$ads={1}

Walaupun berbeda dalam berpendapat soal khilafiyah wal furuiyah, namun mereka tetap menghargai perbedaan tersebut sebagai rahmat, begitu juga para muhibbin/jama'ah yang mengikuti manhaj nya.

Pada bulan Ramadhan, tentu setiap masjid 4 mazhab tersebut memiliki perbedaan dalam persoalan Ibadah. Kyai Nur hasim melalui laman facebooknya membagikan kisah/pengalaman/informasi mengenai " Ciri Khas Ibadah Masjid-Masjid ke-4 Imam Mazhab Ketika di Bulan Ramadhan " berikut tulisannya :

Diantara ciri khas masjid-masjid "Syafi'iyyah" adalah melakukan qunut witir pada separuh akhir Ramadhan, dimulai malam tanggal 16 Ramadhan.

Diantara ciri khas masjid-masjid Hanâbilah adalah melakukan qunut witir ramadhan full, bahkan sepanjang tahun.

Diantara ciri khas masjid-masjid Mâlikiyyah adalah tidak melakukan qunut witir ramadhan, bahkan tak ada qunut witir sepanjang tahun.

Dan diantara ciri khas masjid-masjid Hanafiyyah adalah melakukan qunut witir qabla ruku' (sebelum ruku') ramadhan full, bahkan sepanjang tahun.

Dari keempat itu, saya baru mengalami tiga. Suatu saat jika bisa melancong ke negeri Sâdah Mâlikiyyah, barangkali bisa menemui/merasakan.

$ads={2}

Sumber : Kyai Nur Hasim
Editor : Hendra, S

Demikian Artikel " Ciri Khas Ibadah Masjid-Masjid ke-4 Imam Mazhab Ketika di Bulan Ramadhan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close