Kisah Kakek Habib Lutfhi bin Yahya dihadang Singa Afrika

KISAH KAKEK HABIB LUTFHI BIN YAHYA DIHADANG SINGA AFRIKA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - As-Sayyid Al-Habib Umar bin Thaha bin Hasan bin Thaha bin Muhammad Al-Qadhi bin Thaha bin Muhammad bin Syekh bin Ahmad bin Imam Yahya Ba’Alawi, Indramayu. Beliau adalah kakek buyut Habib Lutfi bin Yahya. Berperawakan sedang, hidung mancung, rambut sepundak, tampan seperti bule. Allah memberikan 3 kelebihan kepada beliau; ketampanan, kealiman (‘allamatuddunya), dan kekayaan seperti Imam Asy-Syadzily.

Dakwahnya Habib Umar sampai di berbagai negara, salah satunya di Afrika. Ketika Habib Umar bin Thaha hendak pulang dari Afrika menggunakan kapal, di dalam perjalanan menuju pelabuhan dicegat oleh seekor singa betina. Rombongan yang menyertai Habib Umar berusaha mengusir singa tersebut. Tetapi singa tersebut selalu kembali mencegat Habib Umar hingga tiga kali. 

$ads={1}

Akhirnya Habib Umar pun paham dan menyuruh orang-orang agar tidak menghalau untuk mengusir singa tersebut. Singa itu lalu berjalan ke suatu arah dan diikuti oleh Habib Umar bin Thaha. Sesampai di sebuah tempat, ternyata terdapat tiga anak singa yang masih kecil-kecil. Ternyata singa betina itu adalah induk dari tiga anak singa tersebut. Nampak singa betina itu seperti memasrahkan ketiga anaknya kepada Habib Umar sebelum sesaat kemudian mati. Maka dipeliharalah ketiga singa kecil tersebut oleh Habib Umar ikut dalam kapal perjalanan pulang ke Hadhramaut.

Ketiga singa tersebut dipelihara oleh Habib Umar hingga kembali ke Indonesia, dan tinggal di Indramayu, Jawa Barat. Beliau juga mendapat hadiah seekor harimau dari Kiai Ageng Sela. Satu lagi seekor kuda jantan yang tinggi gagah. Kemana-mana beliau senantiasa menunggangi kuda dan dikawal oleh ketiga singa dan harimau tersebut. Karena dikawal singa ini pula Habib Umar bin Thaha Bin Yahya dikenal dengan sebutan Habib Umar Asadullah (Singa Allah). Singa adalah lambang raja dan ksatria.

Habib Umar bin Thaha Bin Yahya terkenal tegas, tetapi tepat guna dan sasaran. Beliau memiki pendirian yang sangat kuat. Gelar sikap dan sifat “Assadullah” bagi Habib Umar memang sangat pantas.

Baca Juga :

Kisah Anak Kecil Tertabrak dan Sekarat, Dimimpikan Habib Umar

Beliau dikuburkan di Makam Gedongan, yang menunjukan Habib Umar adalah orang kaya (gedongan) yang dermawan. Beralamatkan di Jl. Pasarean, Karangmalang, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat, 45213.

$ads={2}

Demikian kisah Karomah Kakek Habib Lutfi Taklukkan Singa Afrika, semoga manfaat.

*Ditulis kembali oleh: Syaroni As-Samfuriy, 29 September 2019, Haul Habib Umar bin Thaha Bin Yahya Ke-136.

Demikian artikel mengenai " Kisah Kakek Habib Lutfhi bin Yahya dihadang Singa Afrika "

Sumber : bangkitmedia.com

Semoga bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close